Misi Operasi Senyap TNI AU Melalui Tempur Jelajah

Tiga pesawat Skadron Udara 16 (Skadud 16), yang berasal dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, secara mendadak melakukan patroli ke perairan perbatasan Kalimantan Utara, Sebatik, Kabupaten Nunukan.

Skadud 16 sendiri merupakan alutsista pesawat tempur F-16, yang dinilai mampu mengamankan dan menjaga kedaulatan wilayah udara dengan melakukan patroli ke berbagai wilayah perbatasan. “Kedatangan tiga pesawat Tempur F-16 ke Tarakan merupakan misi operasi senyap sekaligus latihan untuk memantau wilayah perbatasan. Terutama di perairan perbatasan Sebatik (Nunukan) dan ambalat,” ungkap Kolonel Pnb Didik Kristyanto, Komandan Lanud Tarakan.

Selain itu, Skadud 16 juga tengah menjalani tempur jelajah untuk mendatangi landasan-landasan yang selama ini jarang dikunjungi. “Sekira pukul 11.30 Wita kemarin, tiga pesawat ini tiba, yang datang langsung dari Pekanbaru, dengan menempuh waktu kurang lebih dua jam dengan jarak 800 mil laut,” jelasnya.

Patroli tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan dari gangguan kejahatan, terutama terkait isu adanya pergerakan kelompok Abu Sayyaf, yang diketahui mulai beraksi untuk melakukan penyanderaan kembali. Kelompok ini diprediksikan keberadaannya berada dekat dengan negara perbatasan Indonesia.

“Memang ada beberapa kabar yang menyatakan bahwa kelompok Abu Sayyaf itu sudah mulai eksis kembali untuk mengadakan tindakan penculikan,” jelas Didik.

Namun saat dilakukannya patroli dengan pesawat tempur kemarin, diketahui tidak ditemukan adanya pergerakan-pergerakan yang mencurigakan dan membahayakan, khusususnya dengan situasi eksodusnya para teroris dari Marawi, Filipina. “Meski demikian, bukan berarti pantauan ini akan lengah begitu saja, tentunya akan ada misi operasi lainnya, namun tidak bisa saya beritahukan. Dan saat ini, pesawat Skadron Udara 16 sudah kembali ke Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Tapi kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja. Di tahun selanjutnya juga akan kami adakan patroli serupa,” jelasnya.

Photo : F-16 dari Skadron Udara 16 Pekanbaru saat berada di Bandara Juwata (2211). (Radar Tarakan)

Sumber : Radar Tarakan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s