Angkatan Udara India Sukses Luncurkan Misil Tercepat di Dunia dari Jet Tempur

Militer India untuk pertama kali sukses menguji coba misil BrahMos dari sebuah jet tempur Sukhoi Su-30.

Kementerian Pertahanan India mengatakan, keberhasilan ini bisa mengubah “permainan” bagi seluruh angkatan udara di dunia.

“Kesuksesan uji coba menembakkan BrahMos dari sebuah Su-30MKI akan meningkatkan kemampuan tempur AU India,” demikian pernyataan Kemenhan India.

Pesawat Su-30 yang sudah dimodifikasi untuk membawa misil BrahMos itu diterbangkan dari pangkalan AU Kalaikunda di negara bagian Bengal Barat, Rabu (22/11/2017).

Misil yang dilepaskan dari udara itu dengan tepat mengenai sasaran yang ditentukan yaitu sebuah kapal yang sudah tak berfungsi di Teluk Bengala.

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman mengucapkan selamat kepada perusahaan yang mengembangkan misil tersebut, BrahMos Aerospace.

Keberhasilan uji coba ini merupakan pertanda bahwa misil BrahMos siap digunakan AU India dalam waktu dekat.

Militer India berencana melengkapi setidaknya dua skuadron Su-30, atau sebanyak 18 pesawat, dengan misil penjelajah ini.

Misil BrahMos merupakan hasil kerja sama India dan Rusia. Namanya juga merupakan singkatan dari nama sungai Brahmaputra dan Moskwa.

Misil supersonik seberat 2,5 ton ini merupakan yang tercepat di dunia karena mampu mencapai melesat tiga kali kecepatan suara dengan daya jangkau maksimal 290 kilometer.

Sebelumnya, wakil PM Rusia Dmitry Rogozin mengatakan, di masa depan pesawat Su-30MKI bisa membawa lebih dari satu misil BrahMos, tetapi bisa membawa tiga misil lebih kecil dari kelas yang sama.

Sementara India tengah berupaya mengembangkan misil BrahMos yang sudah ditingkatkan kemampuannya hingga bisa mencapai sasaran dengan jarak 450 kilometer.

Photo : BrahMos tested on Sukhoi-30 MKI (Financial Ekspress)

Sumber : Kompas

Advertisements

6 thoughts on “Angkatan Udara India Sukses Luncurkan Misil Tercepat di Dunia dari Jet Tempur”

  1. ANGKATAN UDARA INDIA SUKSES LUNCURKAN MISIL TERCEPAT DI DUNIA DARI JET TEMPUR

    ——————————————

    Judulnya Kok Agak Berlebihan Ya?. Bukannya Rudal Tercepat Itu Di Pegang Ama ICBM KW DF-41 Yg Klaimnya PLA 25 Mach. Dan Mungkin Seharusnya Misil Jelajah Tercepat Di Dunia (Sebelum Zircon Ada)

    Like

    1. Gini Lho Bung. Kan Di Situ Terteranya “Misil Tercepat Di Dunia” Dan Bukan “ALCM (Air Launch Cruise Missile) Tercepat Di Dunia Ataupun “Rudal Jelajah Tercepat Di Dunia”. ­čść Jadi Wajar Aja Jika Saya Kasih Contoh Dompeng

      Like

        1. Hahaha… Ndak Usah Di Babarin Lebih Jelas Bung. Soalnya Saya Cuma Mau Mancing Swedenk Fansboy Si Gurunya South Mountain. ­čść

          Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s