Tiongkok Dituding di Balik Kudeta Zimbabwe

Tiongkok dituding negara di balik dalang kudeta pemerintahan Zimbabwe. Perjalanan kepala angkatan bersenjata Zimbabwe Jenderal Constantino Chiwenga pada 10 November ke Tiongkok menimbulkan banyak pertanyaan. Di Beijing, jenderal Zimbabwe bertemu dengan Pemimpin Militer dan Menteri Pertahanan Tiongkok Chang Wanquan.

“Tiongkok dan Zimbabwe adalah teman semua situasi,” kata Kepala Pasukan Pertahanan Zimbabwe (ZDF), Jenderal Constantino Guveya Chiwenga, seperti dikatakan Li Zuocheng, Kepala Staf gabungan Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA), menurut laporan kementerian pertahanan.

“Zimbabwe bersedia memperdalam pertukaran dan kerja sama di segala bidang dengan Tiongkok untuk mempromosikan perkembangan pesat hubungan bilateral dan militer antara kedua negara,” kata Chiwenga.

Dua hari kemudian, kepala ZDF duduk bersama Menhan Tiongkok, Jenderal Chang Wanquan. Dia berterima kasih kepada Chang atas bantuan jangka panjang yang diberikan Beijing tanpa pamrih.

Tidak banyak yang diketahui mengapa Chiwenga, yang dipandang sebagai sekutu wakil presiden Zimbabwe yang digulingkan, Emmerson Mnangagwa, melakukan perjalanan ke Beijing. Perjalanan itu hanya selang beberapa hari sebelum kepala militer menyatakan militer siap untuk membersihkan pengaruh Robert Mugabe atas partai yang berkuasa.

Di sisi lain, Tiongkok yang telah mendukung Mugabe sejak perjuangan anti-kolonial tahun 1970an, sekarang juga merupakan investor asing terbesar di Harare. Negeri Tirai Bambu itu menanamkan investasi besar ke ekonomi Zimbabwe dengan imbalan sumber daya alam dan produk pertanian seperti berlian dan tembakau.

Pada 2015, Tiongkok menjadi mitra dagang terbesar Zimbabwe. Pada tahun yang sama, Harare mengadopsi yuan Tiongkok sebagai salah satu mata uangnya dalam upaya untuk membatalkan utang sebesar US$ 40 juta.

Photo : Chinese President Xi Jinping with Zimbabwe President Robert Mugabe (Coastweek)

Sumber : Berita Satu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s