Jelang Sertijab, Dua Petinggi TNI AL Inspeksi ke Kapal Perang

DCIM100MEDIADJI_0020.JPG
KAL Bawean TNI AL (JPNN)

Menjelang serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) dari Laksamana Muda TNI Darwanto kepada Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono, kedua pejabat tersebut menginspeksi kapal-kapal perang (Admiral Inspection) yang tengah sandar di Pangkalan Koarmatim, Ujung, Surabaya, Minggu (12/11).

Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI Angkatan Laut untuk yang terakhir kalinya, sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan.

Tradisi ini digelar menjelang pergantian jabatan Kepala Staf Angkatan Laut maupun pada saat pergantian Panglima Komando Armada RI. Kegiatan tersebut, selain sebagai ajang salam perpisahan dengan para prajuritnya, juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan pemimpin yang baru.

Dalam Inspeksi Laut tersebut, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 29 Tahun 1984, didampingi calon penggantinya Laksma TNI Didik Setiyono merupakan Alumni AAL Angkatan 32 Tahun 1987, menggunakan KAL Bawean yang dikomandani oleh Kapten Laut (P) Eska Wiratama lulusan AAL 54 Tahun 2008.

Setelah melaksanakan Inspeksi Laut, Laksda TNI Darwanto melalui radio telekomunikasi menyampaikan amanatnya yang dipancarkan dan diterima oleh seluruh kapal perang TNI Angkatan Laut yang tengah beroperasi di segenap penjuru perairan NKRI maupun yang sedang beroperasi di luar negeri.

“Para prajurit Koarmatim yang saya cintai dan saya banggakan di manapun saudara berada dan bertugas. Saya selaku Panglima Koarmatim, merasa bangga kepada kalian semua karena selama ini telah menunjukkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang luar biasa. Saya berharap kepada seluruh prajurit Koarmatim, untuk memberikan dukungan yang sama kepada Panglima Koarmatim yang baru, dengan tetap mengedapkan profesionalisme yang didukung oleh dedikasi dan loyalitas yang tinggi,” kata Darwanto.

Selanjutnya, Darwanto mengatakan dari hati yang tulus dirinya mohon maaf jika ada salah dan kekhilafan selama memimpin Koarmatim.

“Saya mohon diri dan mohon doa restunya untuk mengemban tugas selanjutnya yang dipercayakan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut sebagai Komandan Kodiklatal. Sampai jumpa di medan bakti selanjutnya, demi TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Kasarmatim Laksma TNI Roberh W.Tappangan, Danguspurlatim Laksma TNI Rachmad Jayadi, para Komandan Lantamal Wilayah Timur, Danguskamlatim Kolonel Laut (P) Agus Hariadi, para Asisten Pangarmatim dan para Kasatker Koarmatim.

Sumber : JPNN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s