Pesawat Tempur Milik Lanud Iswahyudi Tiga Kali Menabrak Burung

Tiga pesawat tempur di Lanud Iswahyudi Madiun mengalami kerusakan mesin. Penyebab rusaknya mesin pesawat tersebut sepele, karena burung.

“Masalahnya sepele, burung tertabrak dan masuk mesin. Otomatis mesin langsung rusak. Harus turun mesin,” ujar Komandan Lanud Iswahyudi Marsekal Pertama Samsul Rizal kepada detikcom di kantornya Rabu (08/11/2017).

Menurut Samsul tiga pesawat yang mesinnya mengalami kerusakan tersebut adalah pesawat T-50. Namun tiga pesawat itu telah diperbaiki. Samsul belum bisa memastikan berapa nilai kerugian akibat kejadian itu.

Sementara itu, Kapten Penerbang Yudistira mengatakan bahwa saat ini pesawat yang rusak telah siap dipakai karena sesaat menabrak burung langsung diganti dengan mesin yang sudah disediakan alias cadangan.

“Kendala burung terbang memang ada. Sudah tiga kali kami mengganti mesin karena kemasukan burung,” jelas Yudistira.

Meskipun dianggap sepele, namun biaya untuk pengantian mesin yang rusak tersebut tak murah. Kepala Urusan Penerangan Pasukan dan Umum Penerangan Lanud Iswahyudi Mayor Sus Tamsir mengatakan bahwa satu mesin harganya bisa mencapai Rp 2,5 miliar.

“Satu mesin itu Rp 2 sampai Rp 2,5 milyar lho. Mahal cuma gara-gara burung,” kata Sus Tamsir.

Photo : T-50i Golden Eagle TNI AU (Jeff Prananda)

Sumber : Detik

Advertisements

3 thoughts on “Pesawat Tempur Milik Lanud Iswahyudi Tiga Kali Menabrak Burung”

  1. Bahaya Tuh. Jangan Sampe Terulang Lagi Itu Accident Bird Strike. Soalnya Single Engine Itu Akan Sgt Fatal Bila Mesinnya Kemasukan Burung Dan Akhirnya Pesawatpun Akan Mengalami Mati Mesin Dan Itu Sgt Membahayakan Pilotnya. Dan Untungnya Sebuah Perusahaan Pesawat Terkemuka Asal Rusia Yaitu Yakovlev Mengantisipasinya Dgn Membuat Light Fighter Twin Engine Seperti Yak-130. Dan Jika Yak-130 Terkena Bird Strike Maka Tdk Perlu Risau Karena Yak-130 Masih Bisa Terbang Pake Satu Mesin Sama Seperti Kejadian Su-30 MK2 TNI AU Yg Di piloti Oleh Saudara Anton Pallagun… :mrgreen:

    #Edisi Sajen Special

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s