Kemhan Pastikan SU-35 Sesuai Spesifikasi TNI AU

Upaya pemerintah membeli pesawat tempur Sukhoi SU-35 dari Rusia semakin dekat. Kementerian Pertahanan (Kemhan) memastikan pesawat Sukhoi telah sesuai kebutuhan TNI AU.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto, menuturkan proses pengadaan Sukhoi tinggal menunggu penandatanganan kontrak antara Indonesia dengan Rusia.

“Insya Allah (November),” ujar Totok lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/11).

Totok mengatakan, pengadaan pesawat tempur Sukhoi SU-35 sesuai dengan spesifikasi teknis yang diajukan TNI Angkatan Udara.

“Sesuai spektek (spesifikasi teknis) TNI AU,” kata Totok.

Namun, Totok enggan menjelaskan secara rinci spektek yang diajukan TNI AU.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hanya mengatakan spektek telah diajukan TNI AU kepada Kemhan lewat Tim Evaluasi Pengadaan (TEP) Kemhan.

“Spektek diajukan berjenjang dan melalui TEP di Kemhan,” ucap Hadi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia, 31 Oktober silam, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan TNI akan membeli 11 Pesawat Tempur Sukhoi SU-35. Pesawat yang akan dibeli sesuai dengan persyaratan yang diajukan TNI AU untuk memperkuat Pertahanan Udara Nasional.

“Apabila pesawat Sukhoi yang datang tidak sesuai dengan spek yang diminta oleh KSAU, maka saya perintahkan untuk dibatalkan, kalau diterima berarti saya dan KSAU melaksanakan Insubordinasi kepada Presiden RI Joko Widodo,” kata Gatot.

Kata Gatot, TNI telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pertahanan RI dengan tembusan Presiden Joko Widodo.

“Dalam rapat terbatas, Presiden RI sudah memerintahkan agar pesawat tempur yang dibeli adalah Pesawat Sukhoi SU-35 yang siap tempur,” katanya.

Gatot mengatakan, spek Pesawat Sukhoi SU-35 yang diajukan KSAU, sudah siap tempur antara lain dilengkapi persenjataan Air to Air Missile, Air To Ground Missile, Bomb, Ground Suport Equipment, Simulator, Spare Part termasuk mesin cadangan.

“Semoga 11 Pesawat Sukhoi yang akan datang sudah dilengkapi sesuai dengan persenjataan yang butuhkan TNI AU, hal ini yang menjadi motivasi TNI dalam membeli pesawat tempur dari Rusia,” kata Gatot.

Pembelian 11 pesawat Sukhoi SU-35 rencananya akan menggunakan skema imbal dagang. Agustus silam, Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman dengan BUMN Rusia, Rostec.

Nantinya pesawat Sukhoi akan ditukar dengan sejumlah produk ekspor Indonesia mulai dari kopi, teh hingga minyak kelapa sawit.

Photo : Su-35 MAKS 2017 (Jacek Siminski)

Sumber : CNN

Advertisements

9 thoughts on “Kemhan Pastikan SU-35 Sesuai Spesifikasi TNI AU”

  1. Menh*n sama pang*l*ma kayak berseteru, pada saling curiga, efek nya warga saling tebak ada yg anggap su35 dibatalkan, su35 kemahalan, tidak ada tot dll

    Yg paling ditakuti amrik adalah jika Indonesia beli S400 krn bakalan dpt tot cara bikin rudal yg bagus, nah hal ini jelas tdk di inginkan para sekutu .

    Xixixi …

    Like

    1. Indonesia dapet beli Su-35 saja sudah bikin situasi rumit, karena akan meningkatkan kemampuan udara Indonesia sekaligus menaikan posisi saing Indonesia di kawasan, ini sangat tidak disukai… pastinya USA lebih ingin Indonesia memili alutista buatan barat karena akan mudah di dikte…

      Like

  2. Akuisisi Su 35 merupakan tampuk kekuatan udara di Asia terutama di Asean, indonesia menjadi jawara kekuatan udara di Asean even singapore punya F15 SE buktinya mereka mau beli F35, ini membuktikan bahwa SU 35 diatas F15 SE sekalipun F35, Inilah saatnya indonesia menjadi macan asia lagi spserti dthun 1960 yg ditopang dari Rusia full. Disamping itu indonesia dengan negara kepulauan yg luas di dunia hrus dipayungi dengan rudal penangkis sperti S400 yg dimiliki Turki barusan, dengan begitu wilayah NKRI insya Allah aman apalagi Rusia udh ga mikir panjang utk ngejual alutsista canggihnya buat indonesia, klo emg Amerika dan eropa pengen mendapat simpati dri NKRI contoh langkah Rusia, ngejual tnpa ada syarat apapun bentuknya. Dengan begitu dengan campuran rasa Rusia and Amerika kekuatan negara kita sulit dtebak, apalagi kedepannya kita ga bakal tau akan berhadapan dengan siapa, mulai sekarang lah indonesia hrus cepat berbenah utk keutuhan NKRI, jdi negara lain juga akan mikir utk eksekusi indonesia dengan kekuatan militer, ini versi dri gue alutsista apa aja yg hrus dibeli lgi S300 atau S400, C 5 Galaxy atau airbus 400 utk pesawat angkut dan Hercules seri j, Su 35 ditambah lagi jadi 1 skuadron klo yg 11 unit udah datang, F 16 viper terbaru atau blok 60 atau 70 atau F 22 raptor (yg kata amerika akan djual ke indonesia engga ke negara lain utk hadepin cina di LCS), fregat, corvete ditamabah atau kasih destroyer penjelajah, kapal selam kelas kilo atau diatasnya, Apache ditambah lagi jumlahnya sebagai payung ankatan darat dan laut mungkin itu yg hrus dibeli lagi buat negara kita versi gue, semoga realisasi guys

    Like

    1. Biar bisa jadi macan asia, harus minum susu tiap hari ya dek….susunya yg di impor dari rusia, xixixix

      #Revolusi susu

      Like

    2. Sejak Kapan Singapor Punya F-15 SE Pak?. Setau Saya Singapor Itu Punyanya F-15 SG (Varian Dari E)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s