Swedia Akan Beli Sistem Rudal Pertahanan Patriot

Saat ini sistem rudal pertahanan seakan menjadi barang wajib bagi sebuah negara untuk mengantisipasi serangan. Swedia juga tidak ingin ketinggalan, akan segera memborong rudal pertahanan dari Amerika Serikat dengan nilai triliunan rupiah.

Diberitakan Reuters, pemerintah Swedia memulai negosiasi pembelian sistem rudal pertahanan Patriot milik produsen senjata AS Raytheon Co pada Selasa (7/11). Jika negosiasi rampung, Swedia menargetkan pengiriman senjata pertahanan ini pada 2020 dan bisa dioperasikan pada 2025.

Badan pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Swedia, Defense Materiel Administration (FMV), telah menyampaikan surat negosiasi ke AS. Nilai kontrak pembelian rudal patriot ini dalam surat itu mencapai 10 miliar crown Swedia atau lebih dari Rp 16,2 triliun. Pemerintah Swedia mengatakan, parlemen akan memastikan pembelian rudal ini akan masuk dalam anggaran pembelanjaan tahun 2018.

Menurut Raytheon, Swedia akan menyusul negara-negara Eropa lainnya yang telah memiliki sistem pertahanan rudal balistik dan jelajah. Produsen senjata yang berbasis di Massachusetts ini telah mengirim lebih dari 220 rudal Patriot ke 13 negara, termasuk Belanda dan Jerman.

Seiring peningkatan kekuatan rudal negara-negara yang dianggap ancaman bagi Barat, yaitu Iran, Korea Utara, dan Rusia, permintaan pengadaan rudal pertahanan meningkat.

Menurut produsen senjata no. 1 Amerika Serikat, Lockheed Martin Corp, Agustus lalu, semakin banyak negara yang menanyakan soal sistem pertahanan rudal. Mereka ingin tahu cara mempertahankan diri dari kemungkinan serangan dari negara lain.

Ancaman terbesar bagi Eropa terutama datang dari Rusia yang dianggap mulai bertindak agresif dengan mencaplok Crimea dari Ukraina.

Photo : Sistem Rudal Pertahanan Patriot (Fortune)

Sumber : Kumparan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s