Persekutuan Militer Pimpinan Arab Saudi Tutup Jalur Darat, Laut dan Udara Menuju Yaman

Tank-tank Angkatan Bersenjata Kerajaan Arab Saudi bersiap di perbatasan Saudi-Yaman. (Reuters)
Tank-tank Angkatan Bersenjata Kerajaan Arab Saudi bersiap di perbatasan Saudi-Yaman. (Reuters)

Persekutuan militer pimpinan Saudi sementara menutup semua jalur udara, darat dan laut ke Yaman untuk menghentikan aliran senjata ke pemberontak Houthi dari Iran, kata pernyataan pada Senin, yang disiarkan kantor berita negara SPA.

Langkah menyusul pencegatan peluru kendali, yang ditembakkan ke Riyadh, Sabtu, kemungkinan memperburuk bencana kemanusiaan Yaman, yang mendorong sekitar tujuh juta orang menuju ambang kelaparan dan menyebabkan lebih dari setengah juta orang terjangkit kolera, kata PBB.

“Komando Pasukan Sekutu memutuskan menutup sementara semua jalur udara, laut dan darat Yaman,” kata pernyataan SPA, dengan menambahkan, pekerja bantuan dan pasokan kemanusiaan tetap dapat masuk dan keluar dari Yaman.

PBB dan badan bantuan asing berulang kali mengecam sekutu itu karena menghalangi arus bantuan, terutama ke utara, yang dikuasai pemberontak Houthi dukungan Iran, yang bertempur melawan persekutuan pimpinan Arab Saudi.

Arab Saudi dan sekutunya di Teluk Arab memperjelas bahwa mereka memandang Iran bertanggung jawab atas konflik Yaman, di mana lebih dari 10.000 orang telah tewas dalam dua tahun terakhir.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengatakan di akun Twitter-nya, Senin, negaranya memiliki hak untuk menanggapi apa yang dia sebut “tindakan bermusuhan” Iran. Menteri Luar Negeri Bahrain, Sheikh Khaled bin Ahmed al-Khalifa, juga mencuitkan bahwa Iran adalah bahaya nyata bagi wilayah itu.

Minggu kemarin, persekutuan itu menuduh Houthi berbahaya karena didukung Iran setelah pertahanan udara Arab Saudi mencegat peluru kendali balistik, yang menuju Riyadh. Peluru kendali itu dijatuhkan di dekat bandar udara Riyadh tanpa menimbulkan korban jiwa.

Sumber : Antara

Advertisements

One thought on “Persekutuan Militer Pimpinan Arab Saudi Tutup Jalur Darat, Laut dan Udara Menuju Yaman”

  1. Tidak ada solusi perdamaian disana, aneh seolah itu dibiarkan begitu saja bantai membatai nyawa tak berdosa menjadi keprihatinan kita, anak kecil yang kekurangan gizi dan anak – anak yang mati terkena rudal dan peluru maka adakah Houti mengalah dan memilih berdamai dengan koalisi Saudi dan memulai kembali perundingan damai ?

    setelah campur tangan Qatar di yaman kemudian Qatar mendapat ancaman keras dari Saudi tidak ada negara yang membantu houti selain IRAN, sedangkan iran musuh abadi Arab Saudi, perlindungan yang diberikan Iran ke Yaman Houti memang kuat, maka untuk menutupnya perlu blokade kuat dari setiap celah.

    seharusnya sikap keras Houti dan Yaman ini sebagai armada perang mujahidin masing-masing negara dapat di satukan demi kepentingan ekonomi mereka sendiri yang kacau bin balau oleh sikap keras kepala yang sulit untuk damai sampai akhir zaman.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s