‘Biaya Perang’ AS Capai Rp 3,3 T Per Hari

Departemen Pertahanan Amerika Serikat baru-baru ini merilis laporan ‘biaya perang’. Laporan yang diperoleh Federasi Ilmuwan Amerika Serikat ini menampilkan biaya perang AS memerangi terorisme sejak 11 September 2001 hingga pertengahan tahun ini.

Perang Afganistan tahun 2001 sampai 2014 dan perang Irak tahun 2003 sampai 2011 menyedot biaya sebesar USD 1.3 triliun (Rp 17.542 triliun), seperti dilansir laman International Business Times, Jumat (3/11).

Ongkos perang di Afganistan dan operasi anti-ISIS di di Irak dan Suriah sejak 2014 memakan biaya sebesar USD 120 miliar (Rp 1.619 triliun).

Biaya perang yang dihitung ini hanya yang berhubungan langsung dengan kegiatan militer seperti operasi dan pemeliharaan pangkalan, pengadaan peralatan, dan pembayaran gaji serta makan tentara.

Biaya ini tidak termasuk biaya kepentingan bagi veteran tentara yang mengikuti perang ini, atau biaya komunitas intelijen yang terkait dengan Perang Global melawan Teror.

Dalam makalah 2011 dari Profesor Harvard Kennedy School, Linda Bilmes, memperkirakan biaya untuk veteran sebesar USD 600 milyar (Rp 8.096 triliun) sampai USD 1 triliun (Rp 13.494 triliun) dalam jangka 40 tahun ke depan.

Jumlah tersebut didasarkan pada 482.364 veteran yang menerima kompensasi untuk kecacatan yang berhubungan dengan tugas militer mulai Februari 2011. Sejak saat itu, jumlah veteran yang menerima kompensasi untuk kecacatan karena tugas militer meningkat secara drastis.

Menurut Congressional Research Service, satu-satunya perang yang menghabiskan biaya lebih banyak daripada Perang Global melawan Teror adalah Perang Dunia Kedua dengan nilai lebih dari USD 4,1 triliun (Rp 55.325 triliun) dengan nilai dolar saat ini.

Dengan kurs dolar saat ini biaya perang yang dari Perang Vietnam menelan ongkos USD 738 miliar (Rp 9.958 triliun).

Photo : Tentara Amerika Serikat (salon)

Sumber : Merdeka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s