RI Akan Memperoleh Dana Hibah Terbesar Jepang

Pemerintah Jepang akan memberikan dana hibah untuk pengembangan kelautan dan perikanan di enam pulau terluar di Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, program pengembangan tersebut telah dimasukkan dalam green book Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan ditargetkan bakal terealisasi di 2018.

Meski tak menyebut secara rinci, namun kata dia, dana bantuan atau hibah tersebut merupakan dana hibah terbesar dalam sejarah Jepang. Jumlah 1 miliar yen untuk 1 titik lokasi pembangunan.

“Satu miliar yen per titik. Ini hibah terbesar Jepang dalam sejarah. Ini baru pertama kali Jepang begitu antusias,” kata Susi kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Realisasi dana hibah ini menunggu restu dari Bappenas selaku badan yang bertanggung jawab dalam pembangunan nasional.

“Kita lagi tunggu persetujuan Bappenas sampai saat ini, tapi belum keluar,” ungkapnya.

Seperti diketahui, rencananya Jepang akan membantu pengembangan enam pulau terlua dalam bidang kelautan dan perikanan. Keenam pulau itu adalah Sabang, Natuna, Morotai, Saumlaki, Moa, serta Biak.

Pemerintah Jepang akan membantu pembangunan pelabuhan perikanan, pasar, coastal radar, serta sistem satelit terbuka di enam pulau terluar Indonesia.

Photo Ilustrasi : Terma radar systems scanter (navalteam)

Sumber : Detik

Advertisements

5 thoughts on “RI Akan Memperoleh Dana Hibah Terbesar Jepang”

  1. apakah dana hibah sama ini seperti dana CSR????????????
    hiba bukan berarti utang yg harus di bayar kan, yah walaupun ada dealnya mungkin loh. mungkin seperti kelunakan bea cukai untuk industri otomotive jepang yg menjamur di sini ­čśÇ atau kalo misalnya berhubungan dengan kelautan mungkin jepang ingin hasil laut kita tidak dikenakan cukai tinggi export ke jepang atau mungkin saja supaya dapat izin usaha perikanan disini serta penangkapan ikan secara legal oleh kapal kapal jepang?mungkin loh tp ini asumsi saya secara orang awam.

    tp itikad niat baik jepang boleh di katakan adil lah, berbisnis dengan sehat dan meningkatkan mutu dan keprofesionalan negara sahabatnya.
    “””Pemerintah Jepang akan membantu pembangunan pelabuhan perikanan, pasar, coastal radar, serta sistem satelit terbuka di enam pulau terluar Indonesia.””””””

    Like

  2. kalo ini sejarah baru bagi jepang berarti juga sejarah baru bagi Indonesia. adanya kerjasama ini berarti pemerintahan di percaya untuk mengelola dana hibah untuk memproyeksikan visi misinya di poros maritim. semoga sesuai rencana dan di jauhkan dari mafia mafia proyek. “netraL”

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s