Trump Janji Bakal Buka Dokumen Pembunuhan Presiden JFK

Donald Trump dan John F Kennedy. (Hdnux.com)
Donald Trump dan John F Kennedy. (Hdnux.com)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berencana untuk mempublikasikan sejumlah dokumen rahasia mengenai pembunuhan Presiden John F. Kennedy.

Trump mengatakan akan melakukan ini lewat cuitan di akun pribadi @realdonaldtrump, Sabtu, 21 Oktober 2017, waktu setempat.

 “Tergantung informasi lebih lanjut, saya akan mengijinkan, sebagai Presiden, dokumen rahasia File JFK untuk dibuka setelah lama diblokir,” cuit Trump.

Menurut seorang pejabat Gedung Putih kepada para wartawan,”Presiden meyakini dokumen-dokumen ini harus dibuka kepada publik untuk kepentingan transparansi penuh kecuali lembaga-lembaga pemerintah memberikan alasan pembenaran yang meyakinkan dan jelas terkait keamanan nasional atau penegakkan hukum untuk melakukan sebaliknya.”

Dalam penjelasan ke media Politico pada awal pekan lalu, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan tim sedang berupaya memastikan jumlah data maksimal bisa dibuka untuk publik menjelang tenggat waktu pada pekan depan.

Menurut CNN, pemerintah AS terikat pada tenggat waktu 26 Oktober 2017, yang ditetapkan oleh aturan yang dibuat Kongres, untuk mempublikasikan dokumen-dokumen rahasia FBI dan CIA terkait peristiwa ini.

Keputusan Kongres dibuat dalam bentuk aturan dan ini membuat Presiden tidak bisa memblokir publikasi dokumen-dokumen tertentu.

Trump sendiri dikenal dekat dengan berbagai kontroversi dan teori konspirasi terkait peristiwa pembunuhan Presiden Kennedy, yang merupakan Presiden AS 35.

Pada masa kampanye Presiden 2016, Trump membuat klaim tanpa dasar bahwa ayah dari kandidat kompetitor Senator Ted Cruz terkait dengan pembunuh Kennedy yaitu Lee Harvey Oswald. Hingga kini, Trump belum pernah meralat pernyataannya apalagi meminta maaf.

Uniknya, penasehat politik Trump, Roger Stone, juga mempunyai teori soal pembunuhan Kennedy dan menulis buku soal ini. Dia menuliskan tudingan bahwa Presiden Lyndon B. Johnson, yang sebelumnya menjabat Wakil Presiden dari Kennedy, terlibat dalam pembunuhan itu.

Pada Sabtu waktu setempat, Roger mencuit soal dokumen John F. Kennedy di akun Twitternya. “Selamat kepada @realDonaldTrump atas keputusannya mempublikasikan File JFK – Transparansi itu Penting!” Pada cuitan lanjutannya, Roger mengatakan,”Ya, saya mendesak @realDonaldTrump untuk merilis File JFK yang masih rahasia. Pahlawanku.”

Sumber : Tempo

Advertisements

3 thoughts on “Trump Janji Bakal Buka Dokumen Pembunuhan Presiden JFK”

  1. saya setuju!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! dibuka jg tentang emas Indonesia dari sukarno untuk kenedy 57000 ton dan Perjanjian Memorial Green Hilton. eh nanti cia nya bilang itu hoax T-T

    Like

    1. tp simpang siur jg sih brow….bener 57k atau ternyata hoax..kelewatan kalo amerika masi ngebenci kita, harusnya kita dianggap kawan lama sekutu mereka! kita punya segala hal yg tidak dimiliki singapura!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s