Tiga Kapal Perang Rusia Berlabuh di Filipina, Diduga Bawa Senjata

Tentara Filipina (AFP)
Tentara Filipina (AFP)

Tiga kapal Angkatan Laut Rusia tiba di Filipina. Sementara itu, dua kapal lainnya sedang dalam perjalanan. Kapal-kapal tersebut diduga membawa senjata yang disumbangkan Moskow ke Manila untuk memberantas kelompok militan di selatan Filipina.

Dikutip dari laman Washington Post, Jumat 20 Oktober 2017, Laksamana Muda E. Mikhailov mengatakan tiga kapal anti-kapal selam berlabuh di Manila pada Jumat pagi waktu setempat. Ketiga kapal ini hadir mengiringi kedatangan pejabat pertahanan tinggi Rusia.

Sementara itu, Angkatan Laut Filipina mengatakan dua kapal Rusia lainnya akan tiba di Pelabuhan Subic Bay pada Sabtu besok untuk menurunkan peralatan militer sumbangan dari Negeri Beruang Merah tersebut.

Rusia akan menyerahkan 5.000 unit senapan serbu AK-47, 20 truk pengangkut militer dan satu juta peluru amunisi kepada ke Filipina pada bulan ini untuk membantu Angkatan Bersenjata Filipina dalam perang melawan terorisme dan ekstremisme kekerasan. Duta Besar Rusia untuk Filipina Igor Khovaev mengkonfirmasi pengiriman senjata tersebut.

“Rusia mendukung sepenuhnya (Filipina) dalam perjuangan melawan terorisme,” kata Khovaev dalam sebuah pesan teks.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan pada Rabu bahwa Rusia akan menyumbangkan 5.000 senjata AK-47 Kalashnikov buatan Rusia, salah satu senjata api yang paling terkenal di dunia.

“Kami akan memiliki 5.000 senjata untuk Anda,” katanya dalam sebuah pidato setelah memimpin pembukaan Scout Ranger Ville di San Miguel, sebuah kota di provinsi Bulacan, bagian utara Manila.

Selain AK-47, Sekretaris Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan Rusia juga akan mengirimkan 20 truk pengangkut militer dan satu juta putaran amunisi.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu akan bergabung dalam pertemuan Menteri Pertahanan Asia Tenggara pekan depan dengan rekan dari negara lain. Namun, tidak ada rincian dari Rusia mengenai sumbangan senjata tersebut.

Sumber : Metrotvnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s