Indonesia Menunda Penonaktifan Friget Kelas Ahmad Yani

Angkatan Laut Indonesia telah memutuskan untuk menunda penonaktifan friget kelas Ahmad Yani di tengah tuntutan operasional yang mengharuskan platform terus beroperasi sekitar satu tahun lagi.

Mengutip sumber Armada Barat TNI-AL pada bulan Februari 2016, friget pertama Indonesia akan mulai pensiun pada tahun 2017, dimana TNI AL memiliki enam friget kelas Ahmad Yani.

Keputusan mempensiunkan friget ini dibuat pada iterasi rencana kerja teknis dan logistik angkatan laut tahunan 2016, poin-nya adalah untuk mempensiunkan satu unit kelas Ahmad Yani setiap tahun mulai dari 2017 sampai 2022.

Namun, mengingat perkembangan mutasi Kelas Martadinata (SIGMA 10514) saat ini, dan kewajiban layanan yang sedang berjalan, jadwal penonaktifan telah tertunda sekitar satu tahun lagi untuk memastikan tidak ada kesenjangan operasional dalam kapasitas penyebaran armada terutama di Natuna.

Indonesia menugaskan Kelas Martadinata pertama, KRI Raden Eddy Martadinata (331), pada bulan April 2017. Kelas kedua, yang kemudian dikenal sebagai KRI I Gusti Ngurah Rai dengan nomor penataran 332, diluncurkan oleh Galangan Kapal milik negara PT PAL pada bulan September 2016. TNI AL diharapkan dapat memperoleh kapal perang Kelas Martadinata secara kontinyu, namun proses pengadaan formal untuk ini belum dimulai.

Friget kelas Ahmad Yani sebelumnya beroperasi di Angkatan Laut Kerajaan Belanda (RNLN) sebagai kelas Van Speijk. Setelah beroperasi selama 20 tahun, kapal-kapal tersebut dibeli Indonesia antara tahun 1986 dan 1989, sebagaimana dilansir dari Jane’s (19/ 10).

Photo : KRI Ahmad Yani 351 (Yeriwahyudi)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

4 thoughts on “Indonesia Menunda Penonaktifan Friget Kelas Ahmad Yani”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s