Korea Selatan – Indonesia dalam ‘close consultations’ Mengenai Biaya Program KF-X

Korea Selatan dan Indonesia menjaga kemitraan erat dengan proyek pengembangan jet tempur, yang diberi kode KF-X, meskipun ada kekhawatiran mengenai pembagian biaya yang disepakati, ungkap Defense Acquisition Program Administration (DAPA) pada hari Jumat.

Tahun lalu, kedua negara menandatangani sebuah kesepakatan yang meminta Jakarta untuk membayar 20 persen dari total biaya, yang diperkirakan mencapai 8.1 triliun won (US $ 7,1 miliar).

Program yang dipimpin oleh Korea Selatan ini bertujuan untuk mengembangkan jet tempur generasi ke-4,5 pada pertengahan 2020-an.

Namun Indonesia baru-baru ini mengubah pendiriannya menjadi posisi yang lebih hangat dan menghentikan alokasi anggaran terkait, menurut beberapa laporan berita.

“Kami terlibat dalam konsultasi yang erat dengan pemerintah Indonesia mengenai masalah ini,” Jeon Je-guk, kepala Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA). Hal tersebut disampaikan Jeon Je-guk kepada anggota parlemen selama audit tahunan terhadap urusan agensi tersebut. “(Kami) mencoba menyelesaikan masalahnya.”

Indonesia telah memberi tahu Korea Selatan bahwa pihaknya juga melakukan tindakan internal untuk menangani masalah ini, tambahnya, sebagaimana dilansir dari Yonhap (13/ 10). 

Photo : Desain KF-X IF-X (Mildom)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s