KF-X Melangkah Maju, Sesuai Desain Detil

Desain akhir dari pesawat tempur Korea Aerospace Industries KF-X diharapkan selesai pada bulan Juni 2018, di mana titik desain rinci akan dimulai.

Tahap perancangan rinci untuk jenis jet tempur bermesin kembar ini akan berjalan sampai akhir 2019, di mana titik produksi prototip akan dimulai, kata seorang pejabat yang akrab dengan program tersebut.

Penerbangan pertama direncanakan dapat dilakukan pada medio 2022, dengan pengujian dan evaluasi berjalan sampai 2026.

KF-X akan memiliki versi single dan two-seat, dan didukung oleh dua mesin General Electric F414.

Saat ini, desainnya sedang menjalani uji terowongan angin dan analisis dinamika fluida komputasi.

Pejabat tersebut menambahkan bahwa Indonesia, yang menyumbang 20% biaya pengembangan, memperoleh lisensi ekspor dari pemerintah AS pada bulan April 2017.

Indonesian Aerospace (PT DI) memiliki lebih dari 80 staf yang bekerja dalam program ini, bersama dengan staf dari Lockheed Martin dan KAI. Untuk Varian Jakarta, Indonesia akan mendapatkan sekitar 80 unit, yang disebut sebagai IF-X.

“Pada titik ini, sekarang hampir ada perbedaan antara bentuk KF-X dan IF-X,” kata pejabat tersebut.

Meski begitu, contoh Korea Selatan dan Indonesia cenderung berbeda. Sebelumnya, pejabat mengatakan bahwa konfigurasi Blok I tanpa lapisan siluman dan kemampuan untuk membawa senjata secara internal akan masuk ke Indonesia. Korea Selatan akan memiliki pesawat Blok II, dengan lapisan siluman dan weapons bays.

Seoul juga akan mengembangkan kemampuan sendiri di bidang-bidang utama karena gagal mendapatkan lisensi ekspor dari AS, sebuah rintisan awal untuk program ini. Ini termasuk active electronically scanned array (AESA), yang akan dikembangkan dengan bantuan Israel, infrared search & track (IRST), electro-optical targeting, dan aircraft’s electronic warfare suite.

Rencananya Jakarta akan mendapatkan 80 jet tempur IF-X, sementara Seoul mendapatkan 120 jet tempur KF-X, sebagaimana dilansir dari laman Flight Global (15/ 10).

Photo : KF-X (Aviation)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

3 thoughts on “KF-X Melangkah Maju, Sesuai Desain Detil”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s