Angkatan Laut Turki Mengumumkan Uji Coba Rudal Anti-kapal Atmaca Berjalan Sukses

Pada Marine Systems Seminar ke-8, kepala teknis Angkatan Laut Turki, Admiral Ahmet Çakır mengumumkan bahwa rudal anti-kapal Atmaca yang dikembangkan di dalam negeri telah berhasil melakukan uji coba.

“Kami semua mengikuti proyek Atmaca dan tembakan pertama telah dilakukan. Tahun depan kami akan menembak platform kapal. Tujuan kami adalah membuat rudal Atmaca untuk mengganti Harpoon sebagai rudal dengan kemampuan jarak jauh dan superior dibandingkan Harpoon,” kata Çakır.

Atmaca mirip dengan kemampuan Exocet, C-802 dan Harpoon. Atmaca AShM memiliki berat 800 kg dengan hulu ledak 200 kg. Rudal dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan subsonik dan bisa mencapai jarak hingga 200 km. Suite panduan terdiri dari sistem INS / GPS dengan terminal-stage active radar-homing (ARH) seeker.

Turki bermaksud untuk menggantikan mesin turbojet mini TRI 40 Microturbo yang menjadi andalan Atmaca dan Stand-off Missile (SOM) air-launched cruise missile (ALCM) dengan Kale 3500 yang dikembangkan di dalam negeri.

TRT Haber melaporkan bahwa produksi serial Atmaca dijadwalkan dimulai pada 2018. Atmaca akan disebarkan mulai dari korvet MILGEM Ada-Class dan frigat G-Class.

Untuk menggantikan Harpoon, Atmaca harus menuju ke platform permukaan lainnya (misalnya fast attack crafts) serta pesawat terbang dan kapal selam.

Penyediaan Kale 3500 juga akan memberi industri Turki sarana untuk sepenuhnya menggunakan rudal jarak jauh yang berdiri sendiri (yaitu Atmaca dan SOM).

Tujuan Turki adalah melokalkan semua pasokan amunisi besar, termasuk solusi udara-ke-udara, udara-ke-permukaan, permukaan-ke-udara dan sub-permukaan. Solusi meliputi Atmaca, SOM, HİSAR, BORA, Orka dan Akya, Mizrak, Merlin dan Peregrine, sebagaimana dilansir dari Quwa (16/ 10).

Photo : Uji Coba Rudal Anti-kapal Atmaca (Quwa)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s