Tentara Rusia Dilarang Unggah Foto ‘Selfie’ ke Media Sosial

Swafoto alias selfie kini menjadi kegemaran pengguna smartphone, aktivitas itu kerap dibarengi dengan mengunggah hasil swafoto ke media sosial.

Namun rupanya tentara Rusia dilarang selfie dan mengunggahnya ke media sosial. Seperti dikutip dari The Independent, Senin (9/10/2017), tentara dari Negeri Beruang Merah ini akan menghadapi masalah hukum jika berswafoto dan mengunggahnya ke internet.

Militer Rusia dikabarkan telah merancang undang-undang yang melarang personel militer untuk berswafoto.

Alasannya, unggahan selfie secara tak sengaja bisa mengungkap keberadaan lokasi mereka kepada pihak musuh. Rencananya, aturan ini akan diberlakukan mulai Januari 2018.

Sebelumnya, foto-foto selfie yang dipublikasikan secara online dilaporkan telah mengungkap lokasi pasukan Rusia yang ada di Ukraina dan Suriah. Dengan kata lain, gara-gara mengunggah swafoto, jejak mereka terekam di internet dan diketahui pihak lawan.

Rabu lalu, proposal amendeman UU Status Personel Militer diterbitkan dan akan memperbarui undang-undang sebelumnya. Dalam aturan yang baru disebutkan, foto dan video –yang diunggah ke internet– berpotensi membahayakan militer dengan memberi informasi vital kepada musuh.

Menurut aturan tersebut, beberapa media sosial bisa dilacak melalui geolokasi yang bisa mengungkap keberadaan sebuah unit. Bahkan, data lokasi yang ditemukan dari geolokasi bersifat sangat akurat.

Pada 2015, jurnalis dari Vice News Simon Ostrovsky mengunggah video dokumentasi tentang bagaimana sebuah unggahan medsos milik tentara Rusia berhasil mengungkap keterlibatan militer Rusia dalam konflik Ukraina.

Dalam kasus tersebut, sebuah selfie yang diunggah ke medsos dengan keterangan geolokasi oleh prajurit dari resimen 76th Airbourne berujung pada investigasi Bellingcat yang pada akhirnya menemukan, setidaknya ada 40 tentara Rusia tertembak musuh di wilayah Ukraina. Semuanya karena selfie yang diunggah ke internet.

Photo : Selfie tentara Rusia bersama Presiden Vladimir Putin (The Independent)

Sumber : Liputan6

Advertisements

One thought on “Tentara Rusia Dilarang Unggah Foto ‘Selfie’ ke Media Sosial”

  1. di IG malah banyak militer negara ganteng cantik lagi narsis, sampai aku bertanya aku tau mereka sama seperti ku, mungkin mereka bosan maka melampisaskannya di sosmed, tp bukankah terlalu keseringan upload sosmed itu menjadi candu yg berbahaya, terlebih mereka sedang bertugas dan berseragam???jaka oh jaka

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s