Perkuat Pertahanan, Raja Salman Beli S-400 Rusia

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, saat ini tengah berada di Moskow, Rusia. Ia datang ke negara tersebut untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, guna membahas perdagangan, investasi, dan keamanan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sebagaimana diberitakan Reuters, Jumat (6/10/2017), dalam pertemuan keduanya, Arab Saudi sepakat untuk membeli sistem pertahanan Rusia, yakni misil S-400. Selain kesepakatan pembelian tersebut, ada sejumlah memorandum of understanding (MoU) di bidang militer yang juga ditandatangani pemerintah kedua negara.

Dalam pertemuan itu, kedua negara menandatangani sebuah nota kesepahaman yang berisi kesiapan Rusia untuk membantu Kerajaan Arab Saudi dalam mengembangkan industri militernya. Hal ini diketahui dari sebuah pernyataan yang dikeluarkan Industri Militer Arab Saudi.

Perusahaan militer Kerajaan Arab Saudi, SAMI, menyatakan telah menandatangani MoU dengan eksportir senjata milik Rusia, Rosoboronexport. Dalam kontrak tersebut, selain misil S-400, keduanya juga akan melakukan kerja sama pengadaan sistem pertahanan udara Rusia, seperti sistem Kornet-EM, TOS-1A, AGS-30, dan Kalashnikov AK-103.

Namun, tidak diketahui jumlah sistem dan nilai kesepakatan dalam perjanjian Rusia dan Arab Saudi ini.

Kedua negara bersepakat untuk mentransfer teknologi dan membantu manufaktur serta memelihara sistem persenjataan tersebut di Kerajaan Arab Saudi. Kesepakatan ini dilakukan tanpa batas waktu.

Sejumlah kesepakatan tersebut ditandatangani selama perjalanan Raja Salman ke Rusia. Kunjungan yang dilakukan Raja Salman ke Rusia ini merupakan yang pertama kalinya sehingga menjadi momen bersejarah.

Raja Salman melakukan kunjungan selama tiga hari ke Rusia. Ia telah tiba di Moskow pada Rabu 4 Oktober waktu setempat.

Dalam kunjungan tersebut, Raja Salman dan Putin diperkirakan juga akan membahas perpanjangan pengurangan produksi minyak. Pengurangan ini dilakukan jelang pertemuan OPEC yang akan digelar pada November.

Tak hanya itu, Raja Salman juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev, pada Jumat (6/10/2017) waktu setempat. Kemudian, akan kembali ke Arab Saudi pada pada Sabtu 7 Oktober 2017.

Photo : Sistem Pertahanan Udara S-400 (dpa)

Sumber : Okezone

Advertisements

3 thoughts on “Perkuat Pertahanan, Raja Salman Beli S-400 Rusia”

  1. saya yakin bukan utk antisipasi quatar / yaman, tp untuk antisipasi turki yg semakin membesar militernya (apakah sejarah terulang)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s