Pelita Air Diminta Menjadi Konsumen Pertama N219

N219 (Detik) 1
N-219 (Detik)

Menteri BUMN Rini Marini Soemarno meminta produksi pesawat N219 yang sedang dilakukan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) bisa menunjang program tol udara, dengan dukungan BUMN lainnya di Indonesia.

“Banyak potensi sinergi antar BUMN yang dapat dilakukan dengan mewujudkan tol udara yang terpadu. Saya minta agar Pelita Air menjadi first customer N219 ini sebagai bukti dari sinergi antar BUMN,” kata Rini dalam keterangan resmi PT DI di Bandung, Senin (2/10/2017).

Menurut dia, komersialisasi N219 harus dilakukan dengan memanfaatkan pasar domestik, khususnya melalui sinergi BUMN. PT DI, lanjut dia, harus fokus terhadap produk buatannya sendiri. Sedangkan untuk produk yang teknologinya sudah advanced, lebih baik kerja sama dengan perusahaan yang sudah kuat.

Selain pesawat bersayap, Menteri BUMN juga meminta agar dilakukan sinergi dengan BUMN lain terkait pembuatan helikopter buatan PTDI. Tetapi, untuk jangka pendek, kata dia, PTDI harus segera menyelesaikan proses sertifikasi N219 pada September 2018. Setelah itu bisa mengkomersialisasikan N219.

Kedatangan Rini ke PTDI sendiri dalam rangka meninjau pesawat N219. Pesawat tersebut akan menjadi solusi distribusi logistik nasional untuk mendukung program tol logistik nasional sebagaimana dituangkan dalam Perpres No. 70 Tahun 2017 dan pemanfaatan potensi pariwisata nasional. Menurut dia, sistem distribusi logistik yang terintegrasi, efektif dan efisien akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : Humas PT DI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s