Pangkostrad Unjuk Kemahiran Bermain Genderang Bersama Taruna Akmil Saat Gladi HUT ke-72 TNI

Tepat 45 hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, yaitu pada tanggal 5 Oktober 1945 di susunlah organisasi kemiliteran yang berasal dari laskar-laskar pejuang yang sebelumnya merupakan laskar rakyat seperti TKR, BKR, TRIP, Hizbullah dan lainnya bersatu dalam satu wadah Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) yang sekarang TNI. Karenanya tiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai hari lahirnya TNI.

Pada tanggal 5 Oktober 2017 TNI akan memasuki usianya yang ke 72 tahun dan sudah menjadi tradisi di lingkungan TNI bila di hari tersebut akan dirayakan. untuk tahun ini akan berpusat di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten dengan mengangkat tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”  dan acara terdiri dari upacara parade dan defile.

Dalam upacara HUT ke-72 TNI , direncanakan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi akan bertindak sebagai Komandan Upacara, yang akan diikuti oleh ribuan prajurit dan aparat sipil negara, serta mengerahkan Alutsista terbaru yang dimiliki TNI.

Dalam persiapan menyambut hari ulang tahun TNI tersebut, Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi yang sudah beberapa hari ini berada di Cilegon bersama ribuan prajurit dan aparatur sipil negara untuk berlatih parade dan defile.

Disela-sela latihannya Pangkostrad memberikan semangat kepada para Taruna Akademi Militer dengan turut bermain genderang yang tergabung dalam Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL)  Akmil pada saat Gladi Upacara HUT ke-72 TNI pada Senin (2/10).

Genderang Seruling Canka Lokananta merupakan Drum Band kebanggaan Korps Taruna Akademi Militer, sebagai tradisi turun – temurun dari generasi yang satu ke generasi berikutnya

Semasa masih menjalani pendidikan militer di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI), Edy Rahmayadi menjadi anggota Drum Band  AKABRI DARAT, khususnya memainkan alat genderang. Saat itu, diantara rekan-rekannya sesama Taruna AKABRI angkatan tahun 1985, orang nomor satu di jajaran Kostrad ini dipercaya menjadi Ketua Alat Genderang.

Hal itu tak terlepas dari ketertarikan Letjen TNI Edy Rahmayadi dalam bidang seni dan kemahirannya memainkan alat musik terbawa hingga dia masuk tentara, sehingga Pangkostrad mahir dalam dalam menguasai irama lagu dan memainkannya dengan harmonis.

Photo : Pangkostrad Unjuk Kemahiran Bermain Genderang Bersama Taruna Akmil Saat Gladi HUT ke-72 TNI. (Pen Kostrad)

Sumber : Pen Kostrad

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s