Inggris Jual Kapal, Helikopter dan Pesawat dengan Harga Murah

Kapal perang, pesawat terbang, dan kendaraan Angkatan Udara Inggris akan dijual dengan harga murah dalam penjualan peralatan militer terbesar di negara itu.

Para ahli khawatir penjualan yang disepakati oleh petinggi ini akan mengurangi kemampuan Inggris untuk melakukan operasi militer, namun uang tersebut sangat dibutuhkan untuk menambah anggaran pertahanan senilai 20 miliar poundsterling.

Penjualan senjata tersebut mencakup armada kapal induk Royal Navy (yang saat ini memimpin operasi bantuan badai Inggris) senilai 175 juta poundsterling dan sebuah armada helikopter Pasukan Khusus.

Menurut orang dalam di industri pertahanan, alutsista yang diperkirakan akan dijual dengan kerugian besar telah dikumpulkan dalam katalog penjualan Kementerian Pertahanan yang didistribusikan ke perwakilan angkatan bersenjata dari seluruh dunia pada sebuah pameran senjata baru-baru ini di London.

WARHOG all terrain armoured vehicle
Warthog (Daily Mail)

LAND: Up to 85 Warthog troop carriers, pictured, which cost £175 million – are among 1,100 vehicles being offered on the cheap to other armies. Bought: £1.8m, on sale for £500k.

Lapis baja Warthog yang saat ini dijual, mulai beroperasi pada tahun 2010 sebagai sebuah peningkatan operasional dan dipuji karena kehandalannya dalam menyelamatkan nyawa tentara Inggris di Afghanistan.

Sekitar 17 unit Warthog diledakkan oleh bom pinggir jalan Taliban, namun tidak ada satu pun tentara yang berada di dalam kendaraan tersebut terbunuh.

Tujuh tahun kemudian, diamana tidak ada lapis baja yang menggantikannya, 85 unit Warthog siap dijual bagi pembeli asing bersama ribuan kendaraan Angkatan Darat Inggris dengan perkiraan biaya 500.000 poundsterling per kendaraan.

HMS Ocean (Patrick Allen)
HMS Ocean (Patrick Allen)

SEA: At least 50 ships are up for sale, including HMS Ocean, pictured, and HMS Scott, which produces maps used by the UK’s nuclear submarines. It was bought for £180m, on sale for £80m.

HMS Ocean, yang menghabiskan biaya 150 juta poundsterling dalam pembangunannya, yang dilengkapi dengan helikopter Wildcat dan Merlin Mk3 serta menjalani perbaikan senilai 65 juta poundsterling pada tahun 2014, diperkirakan akan dijual seharga 80 juta poundsterling awal tahun depan.

HMS Scott (Wiki)
HMS Scott (Wiki)

Royal Navy juga menjual satu-satunya kapal survei samudra, ungkap The Mail pada hari Minggu. HMS Scott ditugaskan kembali pada tahun 2015 dan saat ini dilengkapi dengan peralatan sonar dan hidrografi terbaru, yang digunakan untuk memetakan dasar laut.

Tadi malam, mantan kepala Angkatan Laut Kerajaan, Admiral Lord West berkata: “Saya terkejut dengan hilangnya HMS Ocean, yang pasti akan dijual dengan harga ‘knockdown’ “.

“Kepergianya berarti kita tidak bisa melakukan operasi amfibi berskala besar dan kapal ini akan berbalik menjadi ancaman untuk siapa pun yang membelinya”.

“Saya sama-sama terkejut dan prihatin dengan HMS Scott karena dia melakukan banyak pekerjaan oseanografi yang mendukung armada penghancur kapal selam Inggris dan ini adalah kemampuan yang harus kami pertahankan”.

“Secara keseluruhan, penjualan ini membuat kekosongan armada Angkatan Bersenjata Inggris dan hilangnya kemampuan yang signifikan. Ini bukan efisiensi, ini adalah pemotongan”.

“Ini mempengaruhi ketajaman kita dari apa yang bisa kita lakukan di darat, melalui laut dan di udara namun orang-orang sepertinya masih menyangkal betapa buruk situasinya.”

Gazelle helicopter (Daily Mail)
Helikopter Gazalle (Daily Mail)

AIR: Lightweight and agile Gazelle helicopters, pictured, are up for grabs in the sale of up to 70 aircraft, which also includes the Queen’s private jets. Bought for £5m, on sale for £110k.

Armada milik RAF yang dijual mencakup 50 unit Tucano T1, glider yang digunakan untuk melatih kadet udara dan jet bergaya eksekutif yang diterbangkan oleh Skuadron Royal RAF.

RAF juga menjual enam pesawat angkut C-130J, yang akan digantikan dengan Airbus A400M.

Sejumlah besar amunisi juga ada dalam daftar penjualan. Ini mengikuti skala latihan militer dan pengurangan ukuran Angkatan Darat, turun menjadi 79.407 tentara terlatih, menurut angka terbaru.

Perlambatan dalam aktivitas militer Inggris juga meyakinkan Panglima Angkatan Darat untuk menjual 700 truk pendukung, 100 truk pick-up, 100 kendaraan patroli yang dilindungi sinar Vector, 50 Snatch Land Rovers dan jumlah yang belum dipastikan dari kendaraan pengintai pertempuran Spartan, Scimitar, Samson, Sultan dan Samaritan, serta helikopter Gazelle dan Lynx, yang diterbangkan oleh Army Air Corps dan Royal Navy.

Kementerian Pertahanan membela aksi jual tersebut, dengan mengatakan: “Pendapatan yang dihasilkan dapat diinvestasikan kembali untuk mendukung teknologi terdepan bagi Angkatan Bersenjata kita”.

“Penjualan tidak membahayakan kemampuan Angkatan Bersenjata kita dan dilakukan saat peralatan surplus untuk kebutuhan Inggris”, sebagaimana dilansir dari Daily Mail (24/ 09).

Photo : C-130J RAF (The Aviationist)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

13 thoughts on “Inggris Jual Kapal, Helikopter dan Pesawat dengan Harga Murah”

  1. Kalo warthog, kapal survei dan c-130j nya boleh tuh….biar ga beli pesawat amfibi dagangannya dek suli (be-200), hhh

    Kan mesinnya c-130j dan shinmeiwa sama, jadi enak perawatannya

    Like

      1. Gini dek suli…biar gak salah paham, presiden mengatakan dalam pembelian alutsista harus diperhitungkan daur hidup alutsista tsb, minimal sampai 20 tahun kedepan.

        Lha kalo alutsista masih relatif baru, daur hidupnya sampai 20 tahun kedepan grafik laik pakainya masih nanjak dan dlm rentang 20 thn tsb biaya pemeliharaannya masih rasional ya oka-oke saja beli yang seken…ibaratnya nikahin janda kembang gitu lho, hhh

        Like

  2. pokonya jangan di kasi katalognya ke TDM karena mereka pasti tak mampu beli. pasti sebagian besar yg beli quatar dan australia maklum lg demam paranoid tetangga.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s