Percepat Alih Teknologi 8×8, PT Pindad kerjasama Pandur II dengan Excalibur Army

Lancer Cell – PT Pindad bekerjasama dengan Excalibur Army memasarkan kendaraan taktis dan tempur 8×8 Pandur II. Saat ini ada 4 unit Pandur II telah didatangkan dari Republik Ceko di fasilitas PT Pindad, Bandung.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose menuturkan, kerjasama ini dimulai dari permintaan TNI menambah alutsista mereka. Kerjasama ini bersifat B to B dan tidak melibatkan pihak ketiga.

“Kita lewat Excalibur langsung, tidak ada pihak ketiga. PT RDI adalah mitra Excalibur dan kita langsung dengan Excalibur. Semuanya untuk perepatan teknologi,” ucap pria murah senyum ini di IBD Expo 2017 yg digelar di JCC Senayan Jakarta, (20/09/2017).

Menurut Abraham, selain untuk militer, Pandur II juga menambah daftar produk Industri pertahanan PT Pindad. Sejumlah keuntungan didapat dari kerjasama PT Pindad dan Excalibur Army.

Pandur II 8x8 di PT Pindad (Ijal Lubis) 1
Pandur II 8×8 di Fasilitas PT Pindad (Ijal Lubis)

“Disini kita kerjasama pemasaran dan kita diberikan alih teknologi. Pindad membutuhkan strategi partnership dimana mereka akan promosi produk kita dan kita promosi produk mereka. Sesuai dengan visi misi PT Pindad masuk dalam pasar global,” imbuhnya.

Di tempat yg sama, Direktur Teknologi dan Supply PT Pindad, Ade Bagdja menambahkan, beberapa alih teknologi yg di dapat mulai integrasi system hingga perakitan dilakukan di PT Pindad. Jika nantinya dipesan 25 unit, 10 unit akan dirakit di PT Pindad.

“Kita sudah punya Anoa 6×6, kita mau naik ke 8×8. Agar cepat penguasaan teknologi, kita menggandeng Excalibur dan mereka mau membantu kita dalam percepatan teknologi. Sesuai UU kita mendapat 85% offset,” ungkap Ade.

Pandur II yg ditawarkan PT Pindad ada beberapa varian. Meski belum memiliki kriteria senjata khusus untuk Pandur II, pihaknya menyiapkan varian APC, kanon 30 mm dan 105 mm.

“Belum ada pemilihan khusus kanon harus dari perusahaan ini atau itu. Semua tergantung user apakah mau pakai dari produk ini atau itu. Kita siapkan untuk kebutuhan kavaleri maupun mekanis,” katanya.

Pandur II 8x8 di PT Pindad (Ijal Lubis) 3
Ruang kemudi Pandur II 8×8 (Ijal Lubis)

Menurut Ade, hingga kini belum ada kontrak pemesanan Pandur II. Namun, sejumlah pembicaraan sudah dilakukan di Kementrian Pertahanan.

“Kontrak pandur kita belum bicara jumlah. Semua akan mengikuti budget yang ada di Kementrian Pertahanan. Sampai sekarang masih formulasikan jumlah pengadaannya,” jelas Ade.

Untuk masalah harga, Ade belum bisa menafsirkan. “Harga masih belum tahu, karena mengikuti dari system senjatanya. Intinya platform kosongan itu hanya 1/3 harga. System persenjaan itu mahal, untuk alat komunikasi aja itu bisa Rp. 4 milliar,” tuturnya. 

Setelah datang pada 14 September kemarin, Pandur II menjalani sejumlah pengujian. Tanggal 19 Sepetmber kemarin, Pandur diuji berenang di fasilitas PT Pindad dan rencananya minggu ini akan digelar pengujian berenang di Waduk Jati Luhur, Jawa Barat.

Pandur II bersama Anoa Amphibi hingga Medium Tank PT Pindad akan dibawa untuk mengikuti acara HUT TNI di Pantai Indah Kiat pada 5 Oktober besok. Nantinya, Pandur II berkesempatan menembak menggunakan senapan mesin berat (SMB) 12.7 mm.

Photo : Pandur II 8×8 di Fasilitas PT Pindad (defence.pk)

Oleh : Ijal Lubis

Advertisements

10 thoughts on “Percepat Alih Teknologi 8×8, PT Pindad kerjasama Pandur II dengan Excalibur Army”

  1. Aku masih bingung perbedaan kerjasama G to G dan B to B, apa untung rugi antara keduanya?

    Yang bisa jawab, kalo dia cewek akan kuperistri…tapi kalo dia cowok, istrinya buat gue aja (sambil ngarep HD yang jawab), hhh

    Like

      1. Beda dong…kita kan vans clubnya “Mia Vallen” yang ngehits dg lagunya “Lali rasane sukhoi”….lha ra putus-putus, hhh

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s