Bekali Polisi Lapangan, Polri akan beli MAG4 buatan PT Pindad

Lancer Cell – Kurang perlengkapan seperti pistol membuat anggota lantas dan Sabhara kerap menjadi sasaran teroris. Pada bulan Juli 2017, Kapolri, Jenderal Tito Karnavian berencana membeli 10 ribu pucuk istol dari PT. Pindad.

“Saya kemarin tanya kepada Pindad, bisa, mereka punya persediaan kira-kira 5.000 (unit pistol). Kami mintanya kalau bisa di atas 10 ribu ya. Tapi, 5 ribuan kalau nggak salah yang tersedia. Ya kalau ada itu ya kami mau beli semua,” ungkap Tito di Gedung Ruang Rapat Utama, Mabes Polri, saat itu.

Untuk itu PT Pindad menyiapkan senjata ringkas dan khusus bernama MAG4. Pengembangan MAG4 dilakukan pada tahun 2017, yang pengembangan desainnya diambil dari pistol G2 Elite dan G2 Combat yang sudah lama diproduksi.

Polri pun telah beberapa kali melihat langsung pengembangan MAG4 dan menyukai desainnya. Perbedaan MAG4 dengan  G2 Elite, Premium dan Combat terdapat di larasnya. 

“Sudah ditunjukan ke Polri dan langsung suka. MAG4 memiliki laras lebih pendek yaitu 4 inci, kaliber sama yakni 9 mm. Cocok untuk senjata beladiri /intel, bisa di ketiak, atau ankle kaki,” ucap Direktur Utama PT. Pindad, Abraham Mose kepada penulis, Jakarta (18/09/2017).

MAG4 menggunakan sight Front & Rear Fixed dan bisa ditambahkan aksesoris seperti senter atau laser. Menggunakan system operasi single action atau semi automatic dan pengamanan Hammer lock.

Jarak efektif pistol dengan berat 0.91 kg yakni 15 meter dan memuat 15 butir peluru. MAG4 memiliki panjang 190 mm dan tinggi 136 mm.

Polri berencana membeli MAG4 menggunakan APBN-P. Pengenalan pistol MAG4 sudah dilakukan oleh PT Pindad kepada Polri.

“Untuk uji internal dan eksternal sudah dilakukan dan sedang finishing / improvement. Pada dasarnya sudah siap untuk produksi masal. Pembicaraan dengan Polisi sudah ada tetapi masih menunggu tindak lanjutnya saja,” tutup Abraham.

Photo : MAG4 buatan PT Pindad (Ijal Lubis)

Oleh : Ijal Lubis
Advertisements

7 thoughts on “Bekali Polisi Lapangan, Polri akan beli MAG4 buatan PT Pindad”

  1. keyen juga, semoga pak pol rajin ngerawatnya, soalnya saya pernah baca curhatan pakpol yg bilang pistol pindad sering macet. lah kalo gk pernah di rawat pistol mahal pun jg pasti macet.

    Like

  2. Dek dian, artikel sampeyan yang satu ini bakalan ngehitzzzzzz abis….percaya deh sama saya…Raisya dan syahrini aja bakalan lewat!!!

    Soalnya sudah ada yang melintir berita ini (Polri akan membeli 5000 pucuk pistol dr pindad), seolah-olah ada info A1 dari James Boneng kalo institusi diluar militer yang membeli 5000 pucuk senjata (sengaja tidak disebut sbg pistol).

    Memang ini masih jaman orba, sampai2 kalo polri mau beli pistol (bukan senapan serbu) harus lapor pd institusi lain…

    Waduh prihatin tenan saya dek….kenapa sekarang banyak yang berpenampilan sbg ksatria tapi sifat&tindakannya tidak mencerminkan watak ksatria????

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s