LATIHAN SISKOMSAT DAN VSAT KRI TAHUN 2017

Sebanyak 57 peserta latihan Sistem Komunikasi Satelit (Siskomsat) dan Very Small Aperture Terminal (VSAT) KRI tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Elektronika (Diskomlek) Koarmatim melaksanakan praktek pengoperasian VSAT, bertempat di gedung Serbaguna Diskomlek Koarmatim, Rabu (30/08/17).

Dalam latihan tersebut sebelum melaksanakan praktek, para peserta menerima materi pengenalan VSAT yang diberikan oleh teknisi VSAT dari Sinergi Mitra Komunikasi (SMK) Jakarta. Dalam pengenalan VSAT yang disampaikan oleh Bapak Bambang H dari SMK menyapaikan pengertian VSAT yaitu stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

Selanjutnya para peserta juga dikenalkan komponen VSAT, Grand Desain Siskomsat TNI AL, Topologi Network Jaringan VSAT System, Topologi Antena VSAT BB110 Ku Band dan Jenis Antenna VSAT System yang dipasang pada KRI oleh Bapak Pinaka Puri dan Sukma Wijaya. Setelah menerima materi Pengenalan VSAT para peserta melaksanakan Praktek pemasangan VSAT dan penggunaan VSAT.

Latihan Siskomsat dan VSAT ini bertujuan meningkatkan kemampuan personil pengawak Komunikasi Satuan dan VSAT guna mendukung pelaksanaan tugas kedepan. Dengan harapan tercapainya kesiapan dan kemampuan personel Komunikasi TNI AL khususnya Komsat dan VSAT, tercapainya tingkat pengetahuan dan ketrampilan personil pengawak, tingkat kesiapan Komsat unsur KRI serta tersusunnya buku – buku petunjuk Siskomsat dan VSAT KRI dilingkungan TNI AL.

Photo : LATIHAN SISKOMSAT DAN VSAT KRI TAHUN 2017 (Koarmatim)

Sumber : Pen Koarmatim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s