Chief Designer SKBM : Negosiasi BT-3F dengan Indonesia Sedang Berlangsung

Dirancang oleh biro desain Kharkov Tractor Plant, MT-LB adalah lapis baja roda rantai yang sudah usang dan perlu diganti. Ini akan diganti dengan lapis baja BT-3F terbaru, yang dikembangkan dengan kode “Armor”.

Sergey Abdulov, Chief Designer dari Special Machine-Building Design Bureau of Machine Building, mengatakan bagaimana lapis baja pengangkut personel baru untuk tentara Rusia akan diselesaikan, seperti “Kurganets -25” dan apa saja yang akan berubah dari BMP-3 yang telah dimodernisasi ungkapnya kepada TASS di Forum Teknis Militer Internasional “Army-2017”.

Mari kita mulai dengan BT-3F, ini adalah proyek baru, jadi ceritakan lebih banyak tentang hal itu.

– Arah utama penerapan lapis baja baru adalah penggantian MT-LB dan MT-LBU. BT-3F adalah pengangkut personel lapis baja yang lebih maju dan lebih terlindungi. Awalnya, pertanyaan untuk menciptakan lapis baja semacam itu muncul dari pelanggan asing untuk mengganti BTR-50 dalam layanan.

Meski begitu, kita harus mengerti bahwa di negara kita ada calon konsumen untuk lapis baja ini. Misalnya, ada sejumlah perusahaan yang ingin membuat berbagai jenis senjata berdasarkan BT-3F, khususnya teknologi komunikasi dan kontrol, mobil komando dan staf, dan sebagainya.

Bagaimana status lapis baja ini? Apakah OCD terbuka?

– Kami melakukan pekerjaan desain eksperimental skala penuh yang ditugaskan oleh Kementerian Pertahanan dengan kode “Armor”.

BT-3F Korps Marinir melihat Stand BT-3F. (IMF)
Korps Marinir melihat Stand BT-3F. (IMF)

Diketahui bahwa Indonesia ingin membeli lapis baja seperti itu, apakah mereka bernegosiasi dengan anda?

– Negosiasi sedang berlangsung. Ngomong-ngomong, kerja sama dengan negara ini sudah lama dilakukan. Sebagai contoh, mitra Indonesia kami telah menggunakan BMP-3F selama beberapa tahun dalam produksi kami dan sangat puas. Perwakilan KSCM dan Kurganmashzavod pergi ke wilayah pelanggan, di mana mereka mewakili lapis baja ini. Perlu dicatat bahwa kita bukan satu-satunya pemain di pasar ini.

– Ada perjuangan yang sangat kompetitif, karena orang Indonesia juga mempertimbangkan lapis baja yang diproduksi oleh negara lain. Tapi armada personel lapis baja kami memiliki kelebihan dibanding kompetitornya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa lapis baja kita melalui tes pabrik yang lebih ketat.

Mengingat bahwa OCD sesuai dengan kepentingan militer, kapan rencana penyelesaian tes pendahuluan BT-3F?

– Uji coba pabrik rencananya akan selesai tahun depan.

Modul tempur “Tit”, yang Anda pasang di BMD-4M – adalah salah satu peralatan yang dihilangkan oleh Vladimir Anatolyevich Shamanov saat itu?

– Dalam kasus ini tidak tentu. Dia menembak sebuah prototipe, yang dibuat, Anda bisa mengatakan, “on the knee.” “Titmouse” diciptakan dari awal – tugas teknis Kementerian Pertahanan dikeluarkan untuk itu, produk tersebut sekarang menjalani pre-tested.

BT-3F Korps Marinir melihat Stand BT-3F. (IMF) 1
Korps Marinir melihat Stand BT-3F. (defence.pk)

Apa perbedaan utama dari modul “Bakhcha-U”, yang sekarang ada di BMD-4M?

– Perbedaan utamanya adalah, tentu saja, penyatuan dengan BMP-3. Unified power block dan undercarriage kendaraan, sekarang kita menyatukan kompartemen tempur. Selain itu, modul kami lebih murah daripada “Bahci” dan memiliki kemampuan untuk menembak sasaran udara melalui penglihatan komandan (commander’s sight).

Apakah ada rencana lebih lanjut untuk meningkatkan BMP-3?

– Kami tidak membagikan produk ini, karena arah penyatuan lebih jauh sekaligus menentukan arah modernisasi. Secara kasar, setelah memasang panoramic sight untuk komandan pada “Tit”, kami berencana memasangnya di BMP-3.

Pelanggan asing tertarik pada modernisasi seperti itu, pertama dari UEA, yang menilai kemungkinan modernisasi semacam itu, dan ini akan berguna bagi tentara kita.

BMP-3M dengan PTUR Ataka (TASS)
BMP-3M dengan PTUR Ataka (TASS)

Apa tes yang dilakukan “Kurganets-25”?

– Seperti yang Anda tahu, sekarang kita sedang melakukan tes pendahuluan. Faktanya adalah bahwa lapis baja itu baru, jadi setiap simpul dan elemen memerlukan jenis tesnya sendiri. Tes sedang berlangsung, tahap selanjutnya adalah melakukan penembakan, lalu tes khusus.

“Apa ini?”

– Tes ini menentukan keamanan produk.

“Jadi mereka akan menembaknya?”

– Tanpa kegagalan.

Bagaimana garis produksi platform “Kurganets-25”?

– Ke depan, ada rencana untuk memasang semua jenis senjata yang sesuai dengan daya dukung dan jenisnya di platform ini, serta menyesuaikan dengan keinginan pelanggan. Ini akan menjadi garis besar, jadi sulit untuk membatasinya ke daftar yang lebih spesifik.

Gagasan tentang Kementerian Pertahanan adalah membuat platform terpadu dari semua kelas. Jika kita berbicara tentang kendaraan beroda, ini adalah “Boomerang”, jika lapis baja ringan dan medium “Kurganets”, dan jika berat, itu adalah “Armata”.

Apa OCD lain yang Anda jalani?

– “Pada prinsipnya, ini adalah lapis baja yang kita bicarakan, plus pekerjaan untuk memperbaiki BMP-3 sedang dilakukan, khususnya, the Ataka complex of guided weapons dipasang di atasnya. Pekerjaan lainya yang sedang dilakukan adalah meningkatkan keamanan lapis baja ini, sebagaimana dilansir dari laman TASS (25/08).

Photo : APC BT-3F (TASS)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

4 thoughts on “Chief Designer SKBM : Negosiasi BT-3F dengan Indonesia Sedang Berlangsung”

  1. Kabarnya kita juga mau borong menara kremlin dan monumen stalin juga ya dek jimmy…konon untuk menggenapi kredit expor dr rusia, hhh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s