Amerika Serikat Siap Gelar Latihan Militer Bersama TNI

Rabu, 12 April 2017, Angkatan Darat Indonesia dan Amerika Serikat berencana memulai latihan bersama penggunaan helikopter Apache tahun ini. Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan, mengatakan latihan ini dilakukan sebagai komitmen penguatan kerja sama militer antar kedua negara.

“Militer kedua negara akan mulai latihan bersama helikopter Apache yang baru saja dibeli Indonesia dari salah satu industri AS,” tutur Donovan.

Meski tak menjelaskan kapan waktu pastinya, Donovan memaparkan, latihan tersebut merupakan bagian dari latihan gabungan militer kedua negara yang telah berjalan sejak 2009, dikenal dengan misi Garuda Shield. Garuda Shield merupakan latihan bersama militer AS-Indonesia yang dilakukan selama dua minggu dengan tujuan meningkatkan kemampuan perang angkatan darat kedua negara.

Tak hanya kapabilitas perang, Donovan menuturkan, latihan bersama ini juga penting dilakukan untuk memperkuat koordinasi militer kedua negara, dalam menghadapi tak hanya ancaman militer saja, tapi juga bencana alam di kawasan. Selain Garuda Shield, Donovan mengtakan, sudah lebih dari 200 latihan gabungan dilakukan militer Indonesia-AS. Salah satunya yakni latihan Cope West yang dilangsungkan di Manado pada November 2016 lalu.

Photo : Apache Angkatan Darat Amerika Serikat tiba di Indonesia, 20 Agustus 2017. (defence.pk)

Sumber : KR Jogja

Advertisements

6 thoughts on “Amerika Serikat Siap Gelar Latihan Militer Bersama TNI”

  1. tdk ada hely yg down grade mbak cintya.. apa yg konsumen minta dan bayar berapa itu lah yg akan di kasih.. spt farian f15 sg dan f15 sa adalah fersi yg paling baik dr semua fersi eagle.. ya memang harganya hampir 2 kalilipat di banding fersi standar.. yg pasti kita tdk akan mengambil itu barang.. karena terlalu mahal.. spt halnya aphace indonesia tdk semua di pasang di heli itu.. misalnya alat pemanas suhu ruangan. krn indonesia tropis jd buat apa..?? trs kursi yg kulit jg di ganti yg biasa.. yg di pasang yg hanya yg penting dan yg sesuei dg kebutuhan kita saja. jd harganya lebih murah.. bukan down grade. itu berlaku untuk semua alutsista dr mana saja mbak.. berani bayar mahal pasti dapat original.. bayar murah ya dapat yg kw.. karena harga tidak akan bohong.. kecuali.. (scorpene malasia) dan tikus

    Like

    1. Bisa jadi orang mengira downgrade itu karena nggak ada kondenya.

      Yang pakai konde itu versi Long Bow.
      Yang nggak pakai konde itu versi Guardian.

      Dalam 1 flight yang terdiri dari 4 unit, umumnya 1 unit Longbow akan dikawal oleh 3 unit Guardian.

      Sama seperti 1 unit Su-35 akan dikawal oleh 4 unit Su-30/27.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s