BT-3F Akan Menggantikan BTR-50 Marinir?

Permintaan dari pihak Marinir Indonesia (Korps Marinir – KORMAR) untuk secara resmi menarik diri dari akuisisi lanjutan BTR-4 tampaknya akan diseujui oleh pemerintah Indonesia dan memilih platform BT-3F Rusia sebagai pengganti dalam program pengadaan tersebut.

Sumber dari Angkatan Laut Indonesia mengatakan perihal tersebut kepada Jane pada tanggal 14 Agustus bahwa sebagai bagian dari proses uji tuntas untuk memilih penggantinya, Mayjen Bambang Suswantono dan sebuah delegasi perwira senior akan mengunjungi Rusia minggu ini mulai tanggal 21 Agustus untuk menyaksikan demonstrasi BT-3F di dekat kota Moskow.

Mayor Jenderal Bambang juga akan berpartisipasi dalam forum militer-teknis Army 2017 sebagai bagian dari kunjungannya, dan mengunjungi Concern Tractor Plants, pengembang peralatan industri berat Rusia yang merancang BT-3F.

Komisi Pertahanan, Intelijen, dan Urusan Luar Negeri DPR RI sebelumnya telah menyetujui anggaran sejumlah USD 95 juta di bawah anggaran pertahanan 2017 untuk mengganti APC BTR-50PK yang sudah tua dari KORMAR dengan BTR-4. Persetujuan ini diberikan di samping batch awal lima unit APC BTR-4 yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan (MoD) dari industri pertahanan Ukraina yang dipegang Grup UkrOboronProm pada bulan Februari 2014.

Photo : BT-3F (bmpd)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

5 thoughts on “BT-3F Akan Menggantikan BTR-50 Marinir?”

  1. Apa aja juga boleh lah…. toh beach raid dan airborne operation udah jarang dilakukan pula! Di afghan irak libya , kuasai lanud2 strategis sehabis bombardir pertahanan musuh. Datangkan infantri pakai herky atau charter pesawat komersil sipil.

    Like

  2. kasian ukraina gigit jari :mrgreen:
    harusnya kalo batal beli BTR-4 penggantinya sama-sama 8×8 wd dong..kenapa gak pilih Boomerang 8×8 APC 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s