Su-57, Nama Pesawat Tempur Generasi Kelima Rusia

t-50-pak-fa-ke-8-knaapo
T-50 PAK FA ke-8 (Knaapo)

Militer Rusia mengumumkan, nama pesawat jet tempur generasi kelima pertamanya adalah Sukhoi Su-57. Selama pengembangannya, jet tempur pesaing F-35 Amerika Serikat (AS) ini dijuluki PAKFA dan T-50.

Pengumuman nama pesawat jet tempur generasi kelima itu disampaikan komandan Angkatan Udara Rusia Kolonel Jenderal Viktor Bondarev kepada Svezda, stasiun televisi kementerian pertahanan negara tersebut.

”Keputusan telah diambil, pesawat telah dibaptis. Su-57 adalah apa yang akan kita sebut sekarang,” kata Bondarev, semalam.

Kutipan tersebut merupakan bagian dari wawancara yang akan dipublikasikan secara utuh pada hari Sabtu (12/8/2017).

Jenderal tersebut mengonfirmasi laporan media sebelumnya yang mengatakan bahwa nama resmi PAK FA adalah Su-57. Sebelumnya, muncul spekulasi di media militer bahwa nama jet tempur itu akan dikonfirmasi secara resmi dalam “MAKS 2017 Air Show” di dekat Moskow pada bulan Juli, namun tak terwujud.

Su-57 melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2010 dan diperkirakan akan diproduksi secara seri pada tahun 2019. Kementerian Pertahanan Rusia sudah memberi isyarat akan memesan 200 pesawat jet tempur canggih untuk armadanya.

Jet tempur multirole ini hadir dengan perkiraan harga sekitar USD50 juta (Rp667,8 miliar). Bodi pesawat canggih ini terbuat dari bahan komposit yang memungkinkan untuk melakukan manuver secara diam-diam. Kecepatannya mencapai Mach 1.3 dan mampu melakukan supermaneuvrability selama dog fight.

Persenjataan Su-57 ditempatkan di ruang internal untuk mengurangi reduksi udara dan penampang radar. Persenjataan itu termasuk meriam 30mm yang baru dimodernisasi dan 14 rudal “air-to-air” dan “air-to-ground” yang berbeda serta bom yang dipandu.

Sumber : Sindonews

Advertisements

3 thoughts on “Su-57, Nama Pesawat Tempur Generasi Kelima Rusia”

  1. Hahaha… F-35 ‘Scare Lighting II’ Gk Ada Apa-Apanya Sama Su-57… Dan Pilot Su-57 Gk Perlu Repot-2 Shoot Down F-35. Karena F-35 Bisa Membunuh Pilotnya ‘Own Kill’ Sendiri Dgn “Hipoksia” (Pilotnya Mati Kehabisan Nafas)… 😛

    Like

  2. Kl dah kelar pengiriman su 35 lngsung borong su57 jendral. Biar gak ada yg betani macem macem sama Indonesia. Kalau perlu sama s400 sekalian

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s