Pemerintah RI – Republik Guinea Bissau Jalin Kerja Sama Pertahanan

Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Republik Guinea Bissau (RGB) sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang pertahanan, yang ditandai dengan penandatanganan naskah Letter of Inttent (LoI) oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu dengan Menhan RGB Eduardo Casta Sanha.

Penandatanganan tersebut berlangsung di kantor Perdana Menteri RGB, Bissau, Senin (7/8/2017), dan disaksikan langsung oleh Perdana Menteri RGB Jenderal Umaro Sissoko Embalo. Melalui pendantanganan naskah LoI ini, diharapkan kesepatakan kerja sama pertahanan yang telah resmi dijalin antara RI dan RGB dapat segera ditindaklanjuti ke tingkat yang lebih mendalam dan konkret.

Menhan Ryamizard mengatakan, guna menghadapi perkembangan geopolitik dan geostrategi baik global dan regional yang semakin kompleks, Indonesia menilai pentingnya untuk memperkuat hubungan kerja sama pertahanan dengan negara-negara sahabat seperti RGB.

“Dengan telah ditandatanganinya kesepakatan kerja sama pertahanan dengan Republik Guinea Bissau ini, Indonesia berharap dapat memperkuat kerja sama bilateral kedua negara berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan penghormatan penuh atas kedaulatan dan integritas teritorial,” ujarnya.

Lebih lanjut Menhan Ryamizard menjelaskan, sebagai langkah konkret untuk menindaklajuti kesepakatan kerja sama ini, Kemhan kedua negara akan membentuk working group yang salah satunya membahas rencana kerja sama dalam pengadaan Autsista dari RI oleh Guinea Bissau.

Turut mendampingi Menhan Ryamizard antara lain Dirjen Pothan Sutrimo Sumarlan, Dirkersin Ditjen Strahan Brigjen Rizerius Eko, Direktur Utama PT PAL Budiman Saleh, dan Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose.

Sebelum penandatangan LoI, Menhan Ryamizard juga berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RGB guna membicarakan peluang-peluang dan upaya penjajakan kerja sama pertahanan kedua negara yang telah resmi dijalin.

Photo : Pemerintah RI – Republik Guinea Bissau Jalin Kerja Sama Pertahanan. (JPP)

Sumber : JPP

Advertisements

3 thoughts on “Pemerintah RI – Republik Guinea Bissau Jalin Kerja Sama Pertahanan”

  1. Saya apresiasi langkah Menhan, namun harus segera ditindaklanjuti, jangan alon-alon waton kelakon, sebab ini jadi salah satu sumber devisa kita. Dilihat dari yg mendampingi Menhan, dapat ditebak bahwa yg kita tawarkan adalah SSV, PKR 10514, ANOA, BADAK, berbagai senapan & amunisi PINDAD.

    Like

  2. SIAPA LAGI selain Rusia akan mendukung indonesia dan menjaga indonesia selain secara diam2 atau terang2an selain negara RUSIA dan AFRIKA ? sudah wajar POLITIK indonesia tegas bersikap, skenario konflik GLOBAL berbagai wahan peperangan ASIMETRIS dll adalah propaganda untuk menghancurkan suatu negara yang dianggap bahaya bagi negara lain ?

    jangan pelit dan berhitung-hitung dg negara AFRIKA dari pada mengharapan bantuan dan dukungan koalisi ARAB yang politiknya kadang cepat berubah dan terkesan tidak stabil

    AFRIKA merupakan saudra seperjuangan dalam kemerdekaan. perkuatlah kerjasama BILATERAL seperti PERTANAHAN- INDUSTRI-PEREKONOMIAN-SOSIAL-KEBUDAYAAN

    mengingat saat ini KRISIS mulai memasuki ASIA jadi berharaplah pada masa depan dengan persatuan negara AFRIKA

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s