Qatar Beli Tujuh Kapal Perang Senilai Rp 78,9 T

Qatar (REUTERS)
Qatar (Reuters)

Qatar pada Rabu (2/8) mengumumkan pesanan senilai 5 miliar euro atau sekitar Rp78,9 triliun untuk tujuh kapal perang dari Italia di tengah krisis diplomatik yang sudah berlangsung selama hampir dua bulan dengan negara tetangganya Arab Saudi dan para sekutunya.


”Kami telah menandatangani kontrak atas nama Angkatan Laut Qatar untuk membeli tujuh kapal perang dari Italia seharga 5 miliar euro,” kata Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani dalam konferensi pers di Doha dengan Menteri Luar Negeri Italia Angelino Alfano.

Kontrak tersebut ditandatangani menyusul penandatanganan kontak awal pada Juni 2016 untuk kesepakatan antara grup Italia Fincantieri dan Qatar untuk membeli empat korvet, satu kapal amfibi dan dua kapal patroli.

Alfano menyambut baik kesepakatan itu dalam sebuah cuitan, yang menurutnya dapat membuka 1.000 pekerjaan di Italia.

Pada Juni tahun ini, Amerika Serikat menyetujui penjualan pesawat tempur F-15 senilai 12 miliar dolar AS (sekitar Rp159,9 triliun) kepada Qatar, menegaskan kembali dukungan untuk negara emirat tersebut dalam krisis diplomatik terburuk di Teluk dalam beberapa dekade.

Arab Saudi dan para sekutunya termasuk Mesir dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar pada 5 Juni, menuduh Doha mendukung kelompok ekstremis dan menjalin hubungan dekat dengan musuh bebuyutannya Iran.

Qatar membantah tuduhan itu dan menuduh blok pimpinan Saudi memberlakukan “blokade” terhadap negara emirat kecil tersebut, demikian AFP.

Sumber : Antara

Advertisements

9 thoughts on “Qatar Beli Tujuh Kapal Perang Senilai Rp 78,9 T”

        1. Emmm…kan qatar udah punya bbrp korvet buatan italia/fincantierri, kalo diperhatikan speknya gak beda jauh dg PKR kecuali tingkat otomatisasinya yang lebih tinggi dan mereka bawa VDS. Helinya pun sama, pake panther kok.

          Mungkin yang bikin kelihatan mahal itu kontrak after sales servis dan stok rudal2nya, hhh

          Like

  1. memberi pekerjaan bangsa eropa? demi keseimbangan kawasan.
    kalo dulu untuk memberi kemakmuran negara dengan invansi sekarang dengan dagang teknologi

    Like

    1. Kalo gak salah modelnya spt kerjasama pt.pal dgg damen, korvetnya dirakit di qatar..krn kerjasamanya kkan sdh berjalan sebelumnya tapi kalo LHD-nya glondongan dr itali (mirip punya alljazair), hhh

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s