Medium Tank PT Pindad Bakal Dibanderol Rp 50 M/ Unit

PT Pindad (Persero) ikut ambil bagian dalam pameran alat pertahanan Indodefence di JIExpo Kemayoran. Dalam perhelatan Indodefence yang ke-7, Pindad memamerkan medium tank yang dibuat dengan menggandeng perusahaan asal Turki FNSS.

Medium tank bermesin diesel memiliki dimensi panjang 7 meter, lebar 3,2 meter, dan tinggi 2,7 meter. Tank ini mampu mengangkut 3 personil terdiri dari juru kemudi, juru tembak, hingga pemberi komando.

Tank berukuran sedang ini mampu menembus kecepatan 70 kilometer (km) dengan daya jelajah hingga 600 km.

“Kecepatan 70 km per jam di jalan raya, kalau daya jelajah bisa sampai 600 km,” kata Kepala Program Pengembangan Medium Tank Pindad Windhu Paramarta dalam pameran Indodefence di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Rabu (2/11/2016).

Tank berukuran sedang ini mampu melesatkan amunisinya secara langsung hingga 6 kilometer (km), sedangkan untuk tembakan melalui udara atau tidak langsung bisa mencapai 16 km.

“Jarak efektif tembak langsung 2,5-6 km. Indirect fire bisa gunakan amunisi roket folarik yang paling baru sehingga jangkauannya 16 km pakai peluru kendali,” jelas Windhu.

Jika sudah diproduksi massal, medium tank buatan Pindad dan FNSS akan dijual seharga Rp 50 miliar sampai Rp 60 miliar. Harga tersebut lebih murah dibandingkan tank Leopard yang dibeli bekas dari luar negeri.

“Penjualan sekitar Rp 50-60 miliar, tapi masih tahap pengembangan, lihat spesifikasi nantinya bagaimana. Target kami tidak akan lebih mahal dari Leopard yang sekarang dibeli, karena Leopard kan second (bekas),” tutup Windhu.

Photo : Kaplan-MT (donanimhaber)

Sumber : Detik

Advertisements

13 thoughts on “Medium Tank PT Pindad Bakal Dibanderol Rp 50 M/ Unit”

  1. 50 M ya…hmmm, kalo DP-nya 0% simbah mau kridit 1 buat dikasihin ke dek jimmy, biar nyadap karetnya makin semangat, hhh

    Like

        1. Mungkin Versi Udara Gk Akan Di Buat Bung… Klau Mungkin Akan Di Buat Itu Tank Harus Di Rombak Habis-Habisan Karena Bobotnya Yg Cukup Besar…

          Like

          1. bung jimy tank versi udara ada kok tp bentuknya pesawat dan heli (ngeles) ada Su-25 Frogfoot & AH-64 Apache hehehehe 😀

            Like

        2. halo bung alone…ah bung bisa aja..
          maksud saya Tank BMP-3F made in pindad wuhahaha

          Su-25 Frogfoot Is a Flying Tank versi udara bro

          Like

  2. YA LEBIH MURAH Begitulah kalau nilai Rupiah kita saat ini. kalau dijual dengan kurs Euro atau Dollar mungkin harganya tinggi tapi apakah bisa bersaing ?

    Like

  3. kecurigaan saya dah terbayarkan.dari spesifikasi meriamnya,dapat memuntahkan peluru HEAT,APFSDS,sama HESH.klo yg ditembakinnya HESH berarti larasnya rifling.taunya bener rifling.klo kayak gitu berarti penetrasi peluru APFSDS sama HEATnya berkurang.karena peluru tersebut mesti ditembakan dari laras smoothbore.bukan rifling.mirip2 MBT Arjun sama MBT Challanger.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s