KRI Nagapasa – 403 Diharapkan Mampu Mendukung Terwujudnya Indonesia Sebagai Poros Maritim

Dengan masuknya kapal selam KRI Nagapasa – 403 ke jajaran TNI AL diharapkan mampu mendukung terciptanya stabilitas keamanan kawasan dan dapat mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Pada prinsipnya, tidak akan pernah terjadi sebuah pertahanan negara yang kuat tanpa ditopang oleh alutsista yang kuat.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Rabu(2/8), dalam sambutannya pada peresmian kapal selam KRI Nagapasa – 403 yang usai dibangun dan resmi masuk dalam jajaran KRI TNI AL sekaligus mengukuhkan komandan KRI Nagapasa – 403 di Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co.,Ltd (DSME), Okpo, Korea Selatan. Ny Nora Ryamizard Ryacudu yang turut mendampingi Menhan secara simbolis melakukan pemecahan kendi sebagai pertanda resminya penamaan kapal menjadi KRI Nagapasa – 403. Saat meresmikan KRI Nagapasa – 403 Menhan Ryamizard Ryacudu didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dan CEO DSME Mr Jeong Song Leep.

Penamaan Nagapasa pada kapal selam TNI AL yang diambil dari anak panah Indrajit yang dahsyat, diyakini akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, melindungi kehormatan serta keselamatan bangsa dan menegakkan hukum di perairan Indonesia.

KRI Nagapasa – 403 merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dibangun di galangan DSME, dengan catatan dua unit diselesaikan di DSME dan satu kapal lainnya diselesaikan di PT.PAL. Meningkatnya kemampuan kekuatan pertahanan dengan adanya KRI Nagapasa – 403 ini menjadi momentum penting bagi pembangunan kekuatan pertahanan negara di laut menuju minimum essential force.

Proses pengadaan kapal ini yang dilakukan dengan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi, juga dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri sehingga mampu memperkuat keterpaduan operasional antara sistem senjata antar matra.

Komandan KRI Nagapasa - 403 yaitu Letkol Laut (P) Hari Setyawan (Kemhan)
Komandan KRI Nagapasa 403,  Letkol Laut (P) Hari Setyawan. (Kemhan)

Pada peresmian dan penamaan KRI Nagapasa – 403 ini juga dilaksanakan pengukuhan Komandan yaitu Letkol Laut (P) Hari Setyawan dan pengawak KRI Nagapasa – 403. Kepada komandan kapal dan para pengawak KRI Nagapasa – 403 Menhan menekankan agar kapal selam ini dapat dirawat dengan penuh tanggung jawab dengan memahami betul pengoperasian kapal secara tepat. TNI AL juga diminta mengadakan latihan terus menerus, bertahap dan berlanjut guna meningkatkan profesionalisme pengawak KRI Nagapasa – 403.

Turut mendampingi Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat meresmikan KRI Nagapasa – 403 antara lain; Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI Abdul Muis, Dirjen Pothan Kemhan Dr Sutrimo S, Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Leonardi, Kapusada Baranahan Kemhan Marsma TNI Didi Dipo Issasongko, Karo TU Setjen Kemhan Brigjen TNI Ida Bagus Purwalaksana dan Karoum Setjen Kemhan Brigjen TNI Dessano Indrasakti.

Photo : KRI Nagapasa 403 Diresmikan Menhan Indonesia (Kemhan)

Sumber : Pen Kemhan

Advertisements

5 thoughts on “KRI Nagapasa – 403 Diharapkan Mampu Mendukung Terwujudnya Indonesia Sebagai Poros Maritim”

  1. Horee….pecah telor…..tidak nol persen lagi realisasi kasel pada tahun ketiga MEF tahap kedua. Pespur dan rudal harus segera menyusul pecah telor. Ingat, batas waktunya 2019. Ketiganya (kasel, pespur, rudal) didapuk bak “TRIO MACAN” yg harus ada pada gelaran MEF tahap II.

    Like

  2. kok gue kurang sreg ya ama ini kasel
    karna ini kasel cuman bisa meluncurkan rudal
    tapi gak ada rudalnya
    yg ditakuti itu kan rudalnya,bukan kaselya…
    tapi yg penting bisa nyelam,jangan kayak tetangga gua
    punya kasel gak mau nyelam,akhirnya jadi kater( kapal terapung)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s