Lockheed Martin Akan Tawarkan F-16 Block 72 kepada Angkatan Udara

Simulator Pesawat F-16 Milik AS. (MTVN)
Simulator F-16 Block 70/ 72 (MTVN)

Pesawat tempur keluaran Lockheed Martin, yaitu F-16 Block 72 memang belum secara resmi diluncurkan kepada publik. Namun Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia lewat Pusat Kebudayaan Amerika Serikat yaitu @america, memperkenalkannya secara langsung kepada masyarakat Indonesia lewat simulator F-16.

Simulator F-16 ini memungkinkan masyarakat untuk merasakan langsung bagaimana kecanggihan pesawat generasi terbaru dari F-16 dan mengoperasikannya. Pengunjung @america pun sangat antusias mencoba simulator ini.

TNI AU juga merupakan salah satu negara pengguna pesawat tempur F-16, meskipun yang dimiliki Indonesia saat ini adalah versi pendahulunya. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan, mengungkapkan pihaknya dengan senang hati menawarkan F-16 Block 72 kepada Angkatan Udara Indonesia.

“Kami akan dengan sangat senang menawarkan (menjual) F-16 kepada Indonesia. Apalagi pihak Indonesia sendiri sudah menerbangkan dan mengoperasikan F-16 jenis-jenis versi awal,” kata Joseph di @america, Pasific Place, Jakarta Pusat, Sabtu (29/7).

Pihak Lockheed Martin melalui Vice President-nya, Randy Howard, menuturkan salah satu fitur baru yang ada dalam F-16 Block 72 ini adalah radarnya.

“Radar yang didapatkan dari F-35 dan disertakan di F-16 dan terbukti aerodinamisnya, terus teknologinya adalah teknologi terbaru,” ujar Randy.

Simulator Pesawat F-16 Milik AS. (Kumparan)
Simulator F-16 Block 70/ 72 (Kumparan)

Sementara itu, pilot pesawat tempur kenamaan Indonesia, Eris ‘Mustang’ Heryanto menuturkan TNI AU saat ini memiliki pesawat tempur F-16 Block 52 yang juga baru saja diberikan Amerika Serikat. Menurutnya, jika pemerintah merasa perlu memiliki F-16 Block 72 untuk menunjang misi-misi militer, maka pemerintah pasti akan membelinya dari Amerika.

“Ya tergantung pemerintah. Kalau pemerintah mempunyai anggaran dan itu dibutuhkan angkatan udara dalam menjalankan misi, kenapa tidak,” tutur Eris.

Meski belum berkesempatan mencoba F-16 Block 72, dia menuturkan fisik pesawat Block 72 ini tidak terlalu jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

“Artinya dari segi aerodinamik ini sama. Yang membedakan adalah perlengkapan yang dipasang di pesawat,” kata dia.

Lebih lanjut, dia berpendapat seorang penerbang pesawat tempur menginginkan peralatan yang dapat mendukung situation awareness seorang penerbang. Salah satu contoh alat yang dibutuhkan oleh penerbang pesawat tempur adalah radar yang mumpuni.

“Sebagai contoh, sensor atau radar. Saya akan nyaman kalau radar ini betul-betul bisa menangkap semua target yang saya lihat di radar. Dan itu bisa saya terjemahkan untuk melakukan misi-misi,” paparnya.

“Dengan kemajuan radar yang sekarang, kalau tidak salah Block 72 ini dilengkapi dengan ES Radar, (yaitu) Electronic Scanning Radar. Ini radar generasi terakhir di mana akurasinya sangat tinggi dan juga bisa mempunyai fitur-fitur yang penerbang butuhkan. Ini menurut saya kemajuan teknologi ada di situ,” tuturnya.

Sumber : Kumparan

Advertisements

12 thoughts on “Lockheed Martin Akan Tawarkan F-16 Block 72 kepada Angkatan Udara”

  1. seharusnya kita terus memelihara skuadron f 16 ini. mudah dari segi perawatan dan personel sudah terbiasa menggunakan pesawat jenis ini. walaupun sangat menyenangkan kita memiliki keluarga su (27/30/35) sebagai penggebuk (kecuali jika kita diperbolehkan membeli f 15e…hihihihi)

    Like

  2. Jangan tergiur dan terkecoh dg bujuk rayu negara ASU ini, bagaimana pun juga kemampuannya(F16 blok 72) masih dibawah Singapore dan australia.
    Amat bodohnya dan terkesan jadi kacung(ditekan) Negara ASU ini bila indonesia mau beli pesawat ini.

    Like

    1. kalo Indonesia mau aman sentosa harus cerdik:
      1. jangan hina ibu dari presiden meriki (duertte)
      2. jangan terang terangan berselingkuh ke pros blok timur(duertte)
      3. jangan bilang gak butuh militer merika (duertte)
      4. jangan usir tentaranya yg sudah punya home base di negara anda(duerte)
      kalo sudah melakukan hal tersebut di atas di jamin bakal ada konflik/ peperangan/pemberontakan.(seperti sekarang ini adalah buah dari ucapan bibirnya) sekarang jamannya proxy war

      menurut saya kita wajib beli apa yg sudah ditawarkan jangan di tolak mentah mentah atau nyakitin. tp bisa dengan diplomasi apik seperti “ok akan kita masukan kedaftar MEF ke XI” setidaknya kan sudah masuk konsep daftar belanja militer wkwwkkwkw 😀

      Like

    2. Setuju saya,,,singapura punya f15 Eagle terbaru,,, yang kemampuan pasti di atas f16,,,,itu akal akalan Amerika biar Indonesia lemah,

      Like

      1. bukan akal akalan lah atau sengaja buat negara kita lemah.
        – pertama kita bukan negara yg secara gamblang bersekutu dgn blok mana
        – kedua singapura lebih kuat ekonominya dan strategis wilayahnya di asia tenggara di banding malaysia(mau nyewa jet pejuang aja gak terlaksana 😀 )

        Like

  3. Gak usah beli f 16,,,,,ambil saja su 35,,,yanh yang anti embargo,,,, f-16 ini pasti juga masih kalah sama f-15 Eagle terbaru Singapura,,, kita beli ini sama saja di injak Singapura

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s