Komisi I: Indonesia Perlu Punya Su-35 Dan Kapal Selam Kilo

Keinginan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo agar Indonesia segera memiliki pesawat tempur Sukhoi 35 dan kapal selam Kelas Kilo asal Rusia mendapat dukungan Komisi I DPR.

Pesawat tempur dan kapal selam canggih itu dianggap diperlukan Indonesia untuk menjaga udara dan laut Indonesia dari ancaman pihak luar.

“Saya kira (Indonesia) perlu punya. Sukhoi 35 dan kapal selam Kilo kan canggih. Beberapa negara lain, termasuk Korea Selatan, sudah memesan itu,” ucap Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha, Kamis (27/7).

Politisi PPP ini mengakui, saat ini kondisi keuangan negara memang sedang seret. Namun, dengan tingginya ancaman dari luar, Pemerintah tetap harus mengupayakan pengadaan dua jenis alat utama sistem persenjataan (alutsista) itu dengan segera.

“Kan kita berbatasan dengan China Selatan, kita juga berhadapan dengan Australia. Untuk menjaga ketahanan negara, kita perlu senjata itu,” tandasnya.

Rabu lalu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengaku sedang melakukan negosiasi dengan pihak Pemerintah Rusia agar TNI bisa memiliki pesawat Sukhoi-35. Selain itu, pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan para menteri yang terkait di dalam negeri. Karena itu, pembelian tersebut tidak bisa dilakukan buru-buru.

“Itu (beli) Sukhoi bukan seperti beli kacang goreng yang langsung makan. Kita pesan, tanya dulu dengan Menko (Menko Polhukam Wiranto), kita koordinasi, setelah itu baru mengajukan ke Presiden,” kata Ryamizard.

Tujuan dari negosiasi itu, kata Ryamizard, agar Indonesia bisa mendapatkan 11 unit Sukhoi 35 dari rencana awal sebanyak 8 unit. Selain itu, pihaknya juga ingin agar harga yang dipakai adalah harga dasar. “Enggak mau saya yang dulu-dulu,” tegasnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebelumnya mengeluhkan pembelian pesawat Sukhoi 35 yang belum terwujud. Gatot berharap Komisi I DPR dan Menteri Pertahanan segera membahas pembelian Sukhoi 35 dan kapal selam Kelas Kilo milik Rusia agar TNI bisa memiliki alutsista modern.

Photo : Kilo Project 636 Varshavyanka (ria)

Sumber : RMOL

Advertisements

12 thoughts on “Komisi I: Indonesia Perlu Punya Su-35 Dan Kapal Selam Kilo”

        1. Bukan alergi dek komeng tp ekspektasi yang berlebihan, hhh

          Dulu waktu simbah masi muda sudah sering denger ttg kasel kilo yang kesohor…tapi susah dapet gambarnya, soale jaman dulu kan gak ada internet, yang ada cuma brik-brikan.

          Eladalah setelah ada internet dan bisa tau wujudnya kasel kilo…ternyata buntek, mirip ikan wader jembluk yang ada dikali , hhh

          Like

          1. Lho Nyatanya Nek Koyo Wader Ngopo Kuwi Kilo Dadi Kasel Paling Laris Nang Ndonya Bar U-209… Plus Brarti TNI Seneng Ambi Bentuk Iwak Wader Amargo Sing Minat Kilo Class Kuwi TNI (Ra Tak Tawari Ngerti-2 Ono Ajudan Pertahanan Sing Njaluk Proposal Kilo Class)

            Like

  1. Pak Syaifullah Tamliha kok gak tau ya, kalau negara tetangga (vietnam) bukan berada pada fase “memesan”, tetapi sudah berada pada fase “mengoperasikan” kilo. Makanya vietnam sudah berani nantang indonesia.

    Like

    1. Anggota parlemen ngawur kok dek wisang….mosok komen korsel pesen kilo dan sukhoi-35, hhh

      Eya tapi begitulah adanya…cm embah heran ttg kapasitas anggota dewan seperti ini, kok seperti gak tertarik ttg dunia militer (mungkin cuma mudeng soal anggarannya hhh)

      Like

      1. mbah, bisa saja itu rencana pembelian diam diam, cuka pejabat kita suka curhat di media jd di bocorkan karena keceplosan

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s