Jokowi Ingatkan Indonesia Harus Tetap Mandiri

Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia mendapat banyak tawaran kerja sama untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari beberapa negara.

Tawaran yang masuk, antara lain berupa transfer teknologi, mulai dari desain alutsista bersama yang memungkinkan menghasilkan hak cipta baru dan dimiliki industri dalam negeri, hingga realokasi fasilitas produksi dari negara produsen alutsista ke Indonesia.

Jokowi menegaskan, tawaran-tawaran itu harus dioptimalkan demi pemenuhan kebutuhan alutsista dalam negeri.

“Tawaran-tawan tersebut harus dioptimalkan sehingga ada terobosan baru menuju kemandirian pertahanan. Terobosan itu harus mengubah pola belanja alutsista menjadi investasi pertahanan kita,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Rabu (26/7/2017).

Jika kerja sama tersebut diwujudkan, Jokowi mengingatkan bahwa pengadaan alutsista harus memperhatikan faktor pemeliharaan. Jokowi tidak ingin ada alutsista yang dibeli tanpa pertimbangan biaya pemeliharaan dalam jangka waktu ke depan.

“Tidak boleh lagi Indonesia membeli, misalnya pesawat tempur, tanpa memperkirakan biaya hidup alutsista tersebut selama 20 tahun ke depan,” ujar Jokowi.

Terakhir, Presiden ingin agar kerjasama dalam pengadaan alutsista dengan negara-negara lain menggunakan mekanisme government to government (G to G) agar lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Jokowi juga menegaskan, tidak boleh ada lagi praktik korupsi atau penggelembungan anggaran dalam pengadaan alutsista.

“Tidak ada lagi toleransi terhadap praktik-praktik korupsi dan mark up. Saya peringatan jug alutsista ini dibeli dari uang rakyat untuk digunakan TNI dan untuk melindungi rakyat, bangsa dan negara dari ancaman yang ada,” ujar Jokowi.

Photo : M113 (Military-Today)

Sumber : Kompas

Advertisements

6 thoughts on “Jokowi Ingatkan Indonesia Harus Tetap Mandiri”

  1. dg resiko penambahan alutsista di kurangi.. spt halnya kerja sama dg korsel membuat ifx yg menghabiskan banyak triliun.. kalau instan beli pespur sudah dapat f-35 (kalau di jual ke indonesia).. ya spt nanam padi dulu.. nanti lama baru panenya.. yg sudah panen spt turki dan swedia sudah enak sekarang.. yg cm mau insatan biar kelihatan wah ya spt negara2 timur tengah tp ya gitu2 aja meski kelihatan wah tetep aja gak berkutik lawan israel.. apalagi lawan sang produsen.. semoga indonesia cpt menyerap teknologi dan mampu mandiri dr segala matra.. kuat dan melebihi cina. karena kita tdk ikut block jd bisa dpt teknologi dr barat dan timur.. yg terbaik di ambil dan di gabungkan sehingga teknologi kita makin tangguh.. aamiin.. (harapan saya kedepanya spt itu)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s