Jokowi : Apa Masih Perlu Tank?

Presiden Joko Widodo menyampaikan visi soal sistem pertahanan Indonesia di masa depan. Menurutnya, ada kemungkinan tank tidak lagi berguna dalam pertempuran karena akan digantikan oleh UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau selama ini dikenal sebagai drone.

“Apakah masih perlu misalnya tank? Mungkin sudah berubah menjadi drone nantinya,” ujar Presiden Jokowi saat berkunjung ke Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 24 Juli 2017.

Jokowi menjelaskan drone akan lebih dibutuhkan karena Indonesia adalah negara yang besar dengan 17 ribu pulau. Drone akan lebih mudah untuk melintas terbang antarpulau dan memantau setiap wilayah perbatasan Indonesia.

Ini berbeda dibandingkan dengan tank. Tank sulit dipindahkan dari satu pulau ke pulau yang lain. Apalagi, tidak semua wilayah bersahabat untuk tank.

“Artinya, kita perlu drone, besar maupun kecil untuk memantau perbatasan, memantau terorisme yang ada di hutan,” kata Jokowi.

Jokowi juga menambahkan drone bisa mendeteksi penampakan mencurigakan di laut. Misalnya, kapal yang melakukan tindakan illegal fishing. “Kita memang harus segera berubah,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi berharap perwira-perwira remaja bisa mewujudkan visi itu ke depannya. Jokowi menambahkan peta politik, ekonomi, pertahanan secara global sudah berubah banyak dan ini membutuhkan energi baru.

Photo : Aerostar Skuadron 51 (Istimewa)

Sumber : Tempo

Advertisements

23 thoughts on “Jokowi : Apa Masih Perlu Tank?”

  1. apa yg diutarakan Presiden segaris sama dengan yg di utarakan KASAU “angkatan udara turut serta mengawal poros maritim yg menjadi visi dan misi pemerintahan sekarang” karena angkatan udara lah yg paling cepat untuk memantau di lapangan baik udara, laut dan udara.

    tapi pak Pres. harusnya jangan bicara statment terlalu mengerucut seperti itu,apakah masih butuh tank?harus ada kalimat penyeimbangnya biar gak ada yg senewen. misalnya “tetapi penambahan tank akan terus di lanjutkan sesuai yg sudah di rencanakan berdasarkan MEF I-II. (pantes sekarang gencar di bangun jalan trans di papua dan kaltim, mungkin utk mobilisasi ranpur leopard biar gak amblesiah hehehe truck transporter pengangkut tanknya 😀 )

    menurut saya tank itu tetap di butuhkan sebagai benteng pertahanan terakhir. walaupun fakta mengatakan pertahanan paling utama adalah di garis depan yaitu mempertahankan laut dan udara. contoh perang dunia ke II yg paling banyak meluluhlantahkan kaveleri dan infantri adalah skuardon penerbangan bukan sesama kaveleri. sementara yg paling banyak menengelamkan kapal bukan sesama kapal melainkan kapal selam. ketika jerman wilayahnya sudah di masuki sekutu mati kutulah si hilter, jadi hari gini masi mikir darat harus kuat?yg perlu dipikirkan adalah keseimbangan saling mencover!!

    jadi kita butuh SU-35, SU-34, JAS Gripen//oerlikon skyshield,s300,pantsirS1,BuK-M2 <> kilo,type214,S-1000,astute,yansen,borei. 😀

    enak disini sepi gak ada yg ngejunk :D baso baso

    Like

  2. kalau pakai tank supply nya, stop, dan deploynya bisa dimana mana dan segera, kalau drone harus tertentu kan, butuh landasan seperti helipad atau runway, juga harus dibuat dan diberi defense juga, termasuk ground defense. untuk mobilitas jika jumlah banyak juga bisa cover. yang penting kan saling mengcover. fungsinya beda lo.

    Like

  3. Drone itu barang komplementer, gak bisa disubstitusikan seperti halnya radar. Bisa mendeteksi tapi penindakannya masalah lain.

    China, dan Amerika yg drone-nya maju saja masih perlu Tank, bahkan ribuan masih dipelihara. Punya radar jauh juga perlu pesawat atau kapal untuk penindakan, emang drone bisa apa? Dihajar AA_Gun saja dah rontok..

    Kita cuma ingin berita baik..

    Kapan Su-35 tanda tangan kontrak? Kapan kapal selam bisa lebih banyak dari Orde lama? Kapan kita punya perlindungan udara yang baik? Satelit miliiter apakah pembahasannya sudah final?

    Sepertinya sampai jokowi lengser gak akan terpenuhi…

    Pokoknya nanti kalau ada capres yg bisa memenuhi hal tersebut diatas bakal gue pilih dah…

    Siapa setuju ayo cung…

    Like

    1. Jangankan Pake AA Gun… Lha Wong Di Jaming Aja Jatuh Itu Drone… Dan Klau Untuk Urusan Politik Saya No Comment

      Like

  4. sama penting nya dan punya kelebihan dan kekurangan masing2.. tinggal di nilai di gunakan dlm hal apa dulu.. tdk bisa mengandalkan satu poin saja.. semua saling mendukung.. ibarat rantai makanan putus salah satu rantai habis sudah.. mati semua. jd semua penting.. tdk ada yg tdk penting.. karena beda tugas beda fungsi dan beda pula alatnya.

    Like

    1. IMHO,
      maksud Pak Joko Widodo mungkin saat ini kita lebih butuh Drone, bukan menambah jumlah Tank,
      Tank penting, Drone penting, skala prioritas harus di utamakan dengan anggaran yang cekak saat ini. Salam untuk semua.

      Like

      1. iya om saya paham, mungkin tujuannya utk memordereninisasi militer jg harus mengikuti perkembangan teknologi salah satunya drone yg bisa mengcover mobilisasi ranpur di medantempur di mana drone berfungsi sebagai pemantau sikon dan pemberi arah kemana untuk menyerang atau untuk escape.

        t14armata saja dilengkapi drone di mana drone itu terhubung dengan kabel pada tank tsb

        Like

      2. SETUJU DEK….. MBAH SETUJU AJA …. MEF. JUGA PERLU UPDATE. SESUAI PERLEMBANGAN JAMAN …….

        UHUK…UHUK ….. MBAH LAGI BATUK….

        MBAH PINGIN CARI ISTRI BARU……

        Like

  5. TANK gak perlu pak sampai "ribuan" kan sudah beli APACHE tinggal di banyakin aja tuh heli hehehehehehe yes sir yes sir...drone cukup jd pemantau command control

    yg setuju acung tangan!

    Like

  6. MENURUT MBAH …. SEMUA PERLU ….TAPI HARUS DIBUAT RENSTRA LANJUTAN …… SETELAH. MEF ….. LANJUT KE MAXIMUM. ESENTIAL FORCE ……. MAXEF-1,2,3 ……. PADA SAAT ITU. AU, AL, AD, SUDAH ADA PENYESUAIAN UPDATE KEBUTUHAN…!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s