Artileri Swagerak Terbaru TNI AD Tiba di Indonesia

Tanpa banyak gembar gembor, selasa (25/7) siang, TNI kedatangan alusista baru. Alutsista itu adalah meriam swagerak kaliber 155mm, M-109. Sebanyak 18 unit M-109 ini tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Meski demikian, belum diperoleh informasi pasti akan dimana meriam M-109 ini nantinya ditempatkan. TNI AD sendiri memiliki beberapa batalyon armed gerak sendiri, misalnya Yon Armed 7/ GS yang berlokasi di Bekasi. Dengan masuknya M-109A4 ke jajaran Artileri Medan TNI-AD, maka ini merupakan sebuah lompatan teknologi dan gaya gempur. Ini mengingat artileri Swagerak beroda rantai yang saat ini masih beroperasi adalah AMX-13 MK61 dengan kaliber meriam 105mm. Apalagi, munisi M-109A4 bisa menggunakan munisi meriam 155mm standar NATO yang juga sudah dioperasikan oleh TNI-AD.

Minat TNI AD terhadap meriam M-109 tercium sejak adanya delegasi dari Pussenarmed TNI-AD berkunjung ke Belgia untuk menengok meriam swagerak roda rantai M-109A4. Proses pengadaannya meriam makin nyata karena tercantum jelas dalam Nota Keuangan serta RAPBN 2017 Republik Indonesia. Bahkan jumlah yang dibeli pun sudah tersebut yaitu sebanyak 20 unit.Meski tidak disebut variannya, sumber penulis menyebutkan varian yang dilirik adalah M-109 versi A4. Dibandingkan pendahulunya, versi A4 ini memiliki kelebihan proteksi nubika dan sistem elektronika.

Photo : M-109A4 TNI AD (ARC)

Sumber : ARC

Advertisements

9 thoughts on “Artileri Swagerak Terbaru TNI AD Tiba di Indonesia”

  1. Pemerintah sekarang gak segencar era dulu ya.. Beli apapun disorot media tapi bertahun tahun rencananya.. Kecuali sih su35 yang selalu rencana.. Tapi syukurlah kita resmi beli su35 setelah 2 tahun mengamati

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s