Iran dan Rusia Kerja Sama Produksi Pesawat Tak Berawak

Fotros Drone-7 HR milik militer Iran. (IRNA)
Fotros Drone-7 HR milik militer Iran. (IRNA)

Pejabat penerbangan Iran mengatakan, Negeri Para Mullah dan Rusia memulai kemitraan merancang dan memproduksi pesawat tak berawak yang dapat diekspor ke Rusia di kemudian hari.

“Kami memulai beberapa kerja sama dengan Rusia, termasuk kerjasama dalam merancang pesawat tak berawak yang dapat kami ekspor ke Rusia,” kata Abdolkarim Banitarafi, kepala Organisasi Industri Penerbangan Iran, kepada wartawan di sela-sela International Aviation and Space Salon (MAKS) di Rusia.

“Karena Iran adalah salah satu produsen dan desainer pesawat tak berawak terbaik di dunia, Rusia sangat ingin bekerja sama dengan kami di bidang ini,” tambah Banitarafi sambil menekankan bahwa tidak semua permintaan pesawat tak berawak oleh Rusia bisa dikabulkan, dilansir Tehran Time pada Minggu (23/7)

Pada September 2016, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri, kepala angkatan bersenjata Iran, mengatakan, Rusia meminta Iran untuk memproduksi pesawat tak berawak jarak jauh, yang mampu menargetkan posisi dengan satu meter persegi penampang.

Selama beberapa tahun terakhir, Iran menunjukkan sejumlah pesawat tempur dan pengintai. Ia meluncurkan pesawat pembom tak berawak pertama di dalam negeri, Karrar, pada 2010 dengan jarak 1.000 km dan kemampuan membawa dua bom seberat 250 pon atau bom presisi 500 pon.

Sejak saat itu, Iran juga memperkenalkan Saegheh, Ababil, Fotros, Hazem, Mohajer, Sarir, Shahed 129, dan Yasir. Fotros bisa terbang di ketinggian 25.000 kaki dan memiliki waktu penerbangan 16 sampai 30 jam sementara Mohajer bisa mengudara hingga 3.000 km.

Sumber : Jurnas

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s