Trump Resmikan Kapal Induk Baru AS, USS Gerald R. Ford

Presiden Donald Trump meresmikan USS Gerald R. Ford, kapal perang berteknologi canggih, bernilai hampir 13 miliar dollar Amerika pada hari Sabtu.

Setelah tiga tahun tertunda dan biaya membengkak miliaran dolar, Trump secara resmi menyerahkan kapal induk generasi pertama bertenaga nuklir untuk Angkatan Laut Amerika di Naval Station Norfolk di Virginia.

Trump mengatakan kapal perang itu berfungsi sebagai “pencegah pertempuran”, namun ia menambahkan jika konflik terjadi, “Akan selalu berakhir dengan cara yang sama. Kita akan menang, menang, menang.”

Setelah mengkritik pemerintah sebelumnya karena “kesiapan militer yang rendah”, Trump meminta Kongres “melakukan tugas” dan menyediakan “tingkat pendanaan yang stabil dan bisa diprediksi” untuk militer.

Kapal perang baru itu akan menjadi “kapal induk super” kelas baru pertama dalam 40 tahun dan kapal perang paling mahal yang pernah dibuat.

Pembuatan USS Gerald R. Ford dimulai tahun 2009 dan dijadwalkan selesai tahun 2015 dengan biaya 10,5 miliar dollar Amerika. Angkatan Laut mengatakan pembengkakan biaya dan penundaan konstruksi disebabkan oleh teknologi mutakhir kapal induk itu.

Masa pakai kapal tersebut adalah 50 tahun dan pembangkit listrik tenaga nuklir akan memungkinkannya beroperasi selama 20 tahun tanpa perlu melakukan pengisian bahan bakar.

Photo : USS Gerald R. Ford (Stars and Stripes)

Sumber : VoA

Editor : (D.E.S)

Advertisements

2 thoughts on “Trump Resmikan Kapal Induk Baru AS, USS Gerald R. Ford”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s