Atase Pertahanan KOREA SELATAN Tinjau PT PAL

Pembangunan Fasilitas bengkel kapal selam sebagai lini bisnis baru merupakan proyek negara dalam pengadaan kapal selam baru dari Korea Selatan sebagai bagian dari program alih teknologi. Merujuk Undang-Undang No. 16 tahun 2012, setiap pengadaan kapal baru dengan teknologi yang lebih modern harus menyertakan alih teknologi dalam setiap proses pembangunannya. PT PAL Indonesia (Persero) menerima amanah untuk menguasai teknologi baru yang tentu harus didukung oleh fasilitass yang modern, skill up sumberdaya sebagai prasyarat pembangunan sebuah kapal.

Apalagi pembangunan Kapal Selam. Kerjasama antara 2 Negara yang telah berjalan hampir 4 tahun ini kini tengah membuahkan hasil dengan tersedianya Fasilitas bengkel kapal selam. Dengan Penyertaan Modal Negara , bengkel yang 70 % dari keseluruhan nya tersebut di bangun di PT PAL Indonesia (Persero) yang bekerjasama dengan BUMN lainnya yakni Waskita Karya sebagai bagian dari sinergi BUMN dengan menyertakan beberapa konsultan Dalam Negeri maupun Luar Negeri sebagai bagian atas kajian dan kelayakan atas fasilitas tersebut .

Atase Pertahanan Korea, Kolonel Park Pil Seung, sebagai perwakilan pimpinan pertahanan dan kemanan Korea, kembali mengunjungi PT PAL Indonesia (Persero) untuk mengetahui perkembangan kerjasama dua negara yang terjalin. “Kedatangan saya untuk meninjau progress Fasilitas dan Alih Teknologi Pembangunan Kapal Selam. Serta menginformasikan akan adanya kunjungan kadet-kadet Angkatan laut Korea yang akan berkunjung di Surabaya” tuturnya.

Athan Korea ini diterima Kepala Perencana Strategis Perusahaan, Tjahyono Yudo, Kepala Divisi Kapal Niaga, Satrio Bintoro, Deputy Pembangunan Kapal Selam, Marx Jefferson dan Staff Ahli ALUTSISTA, Edi Andarto. “kami berterimakasih bapak telah meluangkan waktu untuk mengunjungi serta meninjau sejauh mana progress kerjasama alih teknologi yang terjalin” tutur Yudo.

Yudo menambahkan terkait kunjungan kadet Angkatan laut ke PT PAL Indonesia (Persero) akan dilaporkan kepada Manajemen dan agar disiapkan surat yang terkait dengan perizinannya. Namun untuk beberapa bagian di PT PAL Indonesia (Persero) harus meminta ijin kepada kementerian pertahanan terkait beberapa proyek yang diproduksi. Athan Korea melanjutkan dengan melihat Kantor Perwakilan Daewo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) yang berada dilingkungan PT PAL Indonesia (Persero).

Photo : Atase Pertahanan KOREA SELATAN Tinjau PT PAL. (Pen PT PAL)

Sumber : Pen PT PAL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s