Militer Haiti Dibentuk Kembali Setelah 22 Tahun Dibubarkan

Seorang personel militer Haiti mengawasi barisan para pemuda yang mendaftar untuk bergabung dengan angkatan bersenjata. (AFP)
Seorang personel militer Haiti mengawasi barisan para pemuda yang mendaftar untuk bergabung dengan angkatan bersenjata. (AFP)

Di sebuah pangkalan militer, dua baris panjang yang terdiri dari ratusan laki-laki dan perempuan menunggu kesempatan wawancara untuk bergabung dengan militer Haiti.

Setelah selama berpuluh tahun diwarnai kudeta dan pengaruh militer, pada 1995 pemerintah Haiti memutuskan untuk membubarkan angkatan bersenjata negeri itu.

Namun, setelah lebih dari 20 tahun, pemerintah Haiti ingin membangun kembali angkatan bersenjatanya.

Rencana itu menarik minat ratusan pemuda Haiti yang selain ingin menjalankan tugas patriotik juga mendapatkan pekerjaan layak di negeri yang diwarnai kemiskinan dan pengangguran ekstrem itu.

Untuk tahap pertama, pemerintah akan merekrut 500 pemuda berusia 18-25 tahun untuk bergabung dengan kemiliteran.

“Banyak pemuda yang setelah lulus SMA tak mendapatkan pekerjaan, jadi ini adalah kesempatan bagi mereka untuk bekerja sekaligus mengabdi kepada negara,” kata Kapten Louicin Dieudonne, petugas perekrutan di pangkalan militer Leogane tak jauh dari ibu kota Port-au-Prince.

Proses seleksi sudah dimulai pada Senin (17/7/2017) dan akan terus berlanjut selama pekan ini.

Pembentukan kembali angkatan bersenjata ini penting di saat pasukan perdamaian PBB akan mengakhiri tugas selama 13 tahun di negeri termiskin di benua Amerika itu.

Misi Stabilisasi PBB untuk Haiti (MINUSTAH) dibentuk pada 2004 untuk mengatasi kekerasan menyusul lengsernya Presiden Jean-Bertrand Aristide.

Misi MINUSTAH ini dijadwalkan akan meninggalkan Haiti pada Oktober mendatang setelah kondisi negeri itu membaik serta suksesnya pemiihan umum menyusul kisruh politik selama dua tahun.

Saat resmi meninggalkan Haiti, MINUSTAH akan meninggalkan sejumlah personel pelatihan yang terdiri dari gabungan personel kepolisian dari berbagai negara.

Angkatan bersenjata Haiti dibubarkan pada 1995 oleh Presiden Jean-Bertrand Aristide, yang pada 1991 digulingkan lewat kudeta militer.

Namun, rezim yang mengkudeta Aristide tumbang pada 1994 yang memberi kesempatan bagi Aristide untuk kembali berkuasa hingga 1996.

Aristide kembali menjadi presiden pada 2001 hingga dia digulingkan revolusi rakyat pada 2004.

Sumber : Kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s