Media Turki Beberkan Posisi Militer AS di Suriah

Prajurit Marinir Amerika Serikat (Reuters)
Prajurit Marinir Amerika Serikat (Reuters)

Amerika Serikat (AS) marah setelah kantor berita Turki, Anadolu Agency, mengungkapkan lokasi pos militer AS di Suriah. AS menyebut langkah itu bisa membahayakan nyawa personel militernya.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/7/2017), Anadolu Agency (AA) merilis artikel, pada Senin (17/7) waktu setempat, yang membeberkan lokasi 10 fasilitas militer AS di Suriah. Bahkan Anadolu Agency (AA) merinci jumlah pasukan operasi khusus AS di lokasi-lokasi itu.

Juru bicara Pentagon atau Departemen Pertahanan AS, Mayor Adrian Rankine-Galloway, menyebut pembeberan informasi militer sensitif seperti ini akan membuat pasukan koalisi internasional pimpinan AS di Suriah menghadapi ‘risiko yang tidak perlu’.

“Sementara kami tidak bisa memverifikasi secara independen sumber-sumber yang berkontribusi untuk artikel ini, kami tentu sangat khawatir jika pejabat dari sekutu NATO dengan sengaja membahayakan pasukan kami dengan merilis informasi sensitif,” tegas Rankine-Galloway.

“Kami telah menyampaikan kekhawatiran ini kepada pemerintah Turki,” imbuhnya. Lebih lanjut, Rankine-Galloway menekankan bahwa Pentagon tidak akan mengomentari apakah lokasi-lokasi yang disebut Anadolu Agency dalam artikelnya itu akurat.

Dalam artikelnya, Anadolu Agency menyebut pangkalan-pangkalan militer AS, yakni dua pangkalan udara dan delapan pos militer, digunakan untuk mendukung kelompok Partai Demokratik Kurdi (PYD) dan sayap militernya, Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

Kedua kelompok itu dipandang sebagai afiliasi Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dikategorikan sebagai organisasi teroris oleh otoritas Turki. Otoritas Turki menyebut PKK telah melakukan pemberontakan sejak tahun 1984 yang menewaskan lebih dari 40 ribu orang di negara itu.

Meskipun menjadi sekutu di NATO, AS dan Turki memiliki hubungan yang tidak terlalu akur dalam operasi memerangi kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah. AS sangat bergantung pada YPG dan elemen Kurdi lainnya di Suriah untuk melawan ISIS di lapangan. Langkah AS mengirimkan persenjataan ke kelompok Kurdi Suriah memicu kemarahan Turki, yang khawatir senjata itu akan berakhir di tangan PKK.

Anadolu Agency dalam artikelnya juga menyebut salah satu pos militer AS di kota Ayn Issah, Raqqa bagian utara, dihuni oleh 200 tentara AS dan 75 personel pasukan khusus Prancis.

Sumber : Detik

Advertisements

2 thoughts on “Media Turki Beberkan Posisi Militer AS di Suriah”

  1. di operasi pembebasan kota Tabqa mei 2017 lalu jumlah tentara USA yang berperang berjumlah 500 personel. Turki dan USA lagi nggak sreg hubungannya. bahkan saat G20 erdogan dikucilkan pemimpin G20 lainnya, kecuali oleh china, rusia dan indonesia. 3 hari yang lalu FSA (pemberontak suriah) yang didukung turki di utara alleppo menyerang ayn daqnah, desa yang diduduki oleh Syrian Democratic Forces (SDF) milisi syria (didukung amerika) yang mayoritas suku kurdi namun juga ada suku arab, 30 orang penyerang terbunuh termasuk 5 orang tentara turki, SDF masih menginginkan bergabung dengan suriah namun dengan otonomi khusus. Untuk menambah personel dalam menyerang ibukota ISIS di Raqqa mereka membolehkan orang kurdistan turki yang berpaham Marxisme–Leninisme dan komunis (PKK, Permesga, dll) untuk bergabung dalam penyerangan.

    Like

  2. Milisi SDF sangat berbeda dengan FSA. SDF terdiri dari YPJ, YPG, serta milisi, milisi lain yang terletak di utara suriah. SDF mayoritas orang syria (kurdi dan arab) yang memilih berdiam saat FSA memberontak dan lebih memilih menjaga kampung halamannya sendiri daripada ikut memihak antara FSA dan AD suriah (SAA army). namun ketika isis menyerang mereka angkat senjata untuk mempertahankan rumahnya.

    TURKI MEMBOCORKAN JUMLAH PERSONEL AS KEMUNGKINAN AGAR NUSRA, DAN SEL-SEL TIDUR ISIS MEMBOM MARKAS SEMENTARA NATO TERSEBUT GUNA MEMPERLAMBAT BERGABUNGNYA ANTARA KURDI DISEBELAH BARAT SYRIA DAN SEBELAH TIMUR SYRIA.DALAM MEMBENTUK KURDISTAN SYRIA YANG DIAKUI OLEH ASSAD (PRESIDEN SYRIA).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s