Indonesia Selesaikan Instalasi Sistem SATCOM pada Kapal Perang TNI AL

Angkatan Laut Indonesia telah menyelesaikan pemasangan antena stabilised parabolic Ku-band dengan kubah radar, dan sistem komunikasi satelit (SATCOM) di empat kapal perang landing platform dock, Diponegoro Class (SIGMA) dan Bung Tomo Class.

Menurut informasi yang diberikan kepada Jane oleh TNI-AL dan sumber industri, instalasi dilakukan antara pertengahan 2016 dan awal 2017 oleh PT Patra Telekomunikasi Indonesia, yang merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia.

Sistem SATCOM memungkinkan kapal menerima dan mengirimkan data dua arah dan juga lalu lintas suara, yang dapat digunakan untuk aplikasi komunikasi seperti email, penjelajahan web, dan voice over internet protocol (VOIP).

Sistem Ku-band tersedia di sebagian besar wilayah maritim dimana kapal perang TNI AL beroperasi, namun band ini lebih rentan terhadap hujan dibandingkan sistem C-band.

TNI-AL diharapkan dapat melengkapi lebih banyak kapal dengan sistem SATCOM. Hal ini sejalan dengan upaya TNI untuk mengadopsi lebih banyak sistem komunikasi semacam itu di masa depan.

TNI saat ini mengandalkan satelit Telkom Indonesia, untuk melakukan komunikasi satelit.

Satelit ini beroperasi pada Ku-band dan C-band. Ada juga rencana untuk lebih memanfaatkan satelit milik Bank Rakyat Indonesia, yang dikenal dengan BRIsat, yang menempati slot orbital 150,5 derajat bujur timur, setelah beroperasi penuh, sebagaimana dilansir dari Jane’s tanggal 19 Juli.

Photo : Pemasangan Satcom di LPD TNI AL (Patrakom)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s