Trisula Perkasa 2017, Paskhas Bombardir Bandara Tuanku Tambusai

Ratusan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI‎) dari Paskhas Angkatan Udara (Paskhas AU), Selasa (18/7/2017), bombardir Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dikuasai musuh. Selain itu berhasil bebaskan sandera, serta satu unit drone meledak di udara setelah ditembak rudal QW-3.

Pemandangan simulasi dalam Latihan Trisula Perkasa 2017 gabungan TNI Paskhasau se-Indonesia, membuat tegang ribuan masyarakat, termasuk Bupati Rohul, H Suparman.S.Sos,M.Si, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak SH.MH, Kapolres Rohul AKBP Yusuf Rahmanto, Kalapas Klas II Pasir Pangaraian, termasuk pejabat lainnya, kagum karena baru pertama kali melihat langsung, latihan gabungan Paskhas TNI AU yang digelar di Bandara Taunku Tambusai, Pasir Pangaraian.

Latihan yang digelar sejak pukul 08.00 Wib, langsung di bawah komando Komandan Korps Pasukan Khas (Paskhas), Marskal Muda Seto Purnomo, juga dihadiri para Perwira Tinggi dari satuan Paskhasau. Dentuman suara mortir juga rentetan senjata personil TNI Paskhasau, membuat masyarakat terkejut.

Latihan gabungan dengan misi ‘Penyelemanatan Pangkalan Udara’, melibatkan 650 personel dari seluruh satuan Paskasau se-Indonesia di Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian diawali dengan terjun payung dilakukan puluhan personel. Bukan itu saja, dua pesawat tempur jenis F-16 dan Sukhoi juga lakukan simulasi pelumpuhan markas musuh, dilanjutkan ratusan penerjun yang gempur pangkalan udara.

Kemudian, simulasi penyelamatan pilot pesawat tempur yang ditangkap musuh, dan berhasil membawanya menggunakan helikopter jenis Puma. Bahkan, paling menegangkan, disaat drone pengintai dihancurkan dengan rudal QW-3 buatan China sebagai penutup seluruh simulasi latihan puncak Trisula Perkasa 2017 di Bandara Tuanku Tambusai.

Dan Korps Paskhas, Marskal Muda Seto Purnomo, berterima kasih ke Pemkab Rohul yang sudah memfasilitasi kegiatan latihan, juga ke masyarakat karena sangat antusias melihat langsung latihan puncak Trisula Perkasa 2017 di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian.

Diakui Seto, masyarakat bisa melihat langsung seluruh alat utama sistem pertanahan (Alutsista) milik TNI Paskhasau. “Karena Alutsista yang digunakan TNI dalam latihan juga milik masyarakat,” kata Seto, Jenderal bintang dua.

Marskal Muda Seto Purnomo juga mengatakan, pemilihan Bandara Tuanku Tambusai sebagai lokasi latihan Trisula Perkasa 2017 sangat tepat. Karena bandaranya bagus, strategis, dan penggunaannya‎ kurang untuk penerbangan.

“Kita sudah sampaikan ke pihak TNI AU, Kepala Ops‎ satu dan Komandan Lanud, bagaimana bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian bisa digunakan dengan baik, karena bisa dipakai untuk pesawat dan antusias masyarakat bagus,” ucapnya.

Jelas Marskal Muda Seto lagi, latihan secara bertahap akan dilakukan TNI AU ke depannya. Latihan Trisula diharapkan dapat mendekatkan TNI AU dengan masyarakat dan generasi muda Indonesia sehingga mereka tertarik menjadi prajurit TNI AU.

Bupati juga menyambut baik serta kagum atas pelaksanaan latihan TNI Paskasu se-Indonesia, yang digelar di Rohul. Dirinya berharap, melalui kegiatan latihan gabungan tersebut kedepannya TNI khususnya AU bisa melakukan perlindungan keamanan negara, dari para musuh.

“Kemudian, dengan kegiatan latihan gabungan TNI Paskhas AU ini masyarakat juga terhibur, juga bisa mengetahui betapa beratnya tugas TNI dalam menjaga dari segala bentuk gangguan maupun ancaman musuh,” ucap Bupati.

Photo : Rudal QW-3 dalam Latihan Trisula Perkasa 2017 (Pen Paskhas)

Sumber : Halo Riau

Editor : (D.E.S)

 

Advertisements

One thought on “Trisula Perkasa 2017, Paskhas Bombardir Bandara Tuanku Tambusai”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s