Rusia Ekspansi Nuklir ke Indonesia

Atomexpo 2017 di Moskow pada 19-21 Juni lalu. Berbagai teknologi nuklir terbaru dipamerkan. (EKO PRIYONO)
Atomexpo 2017 di Moskow pada 19-21 Juni lalu. Berbagai teknologi nuklir terbaru dipamerkan. (EKO PRIYONO)

Teknologi nuklir bakal menjadi salah satu bisnis andalan Rusia hingga puluhan tahun ke depan. Negara dengan zona waktu terbanyak di dunia itu, rajin melakukan berekspansi dengan mengenalkan nuklir yang ramah lingkungan.

Sejumlah negara sedang menjadi sasaran pasar barunya. Termasuk, Indonesia. Sejak lama, Rosatom, BUMN Rusia yang membidangi nuklir, gencar menawarkan pembangunan pembangit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Indonesia.

Tawaran itu berujung kesepakatan kerjasama di bidang nuklir pada Desember 2006. Baru pada April 2015 lalu, kontrak kerja dilakukan. Yaitu, perancangan teknik pendahuluan untuk reaktor berpendingin gas suhu tinggi 10 MW untuk Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Rosatom juga telah menandatangani nota kesepahaman mengenai penggunaan energi nuklir secara damai dengan BATAN pada bulan Juni 2015. Perjanjian ini salah satunya terkait pembangunan unit tenaga nuklir Rusia di Indonesia.

BUMN yang membawahi ratusan peruasahaan nuklir Rusia itu juga meneken perjanjian untuk menghidupkan dialog di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan nuklir antara Indonesia dan Rusia. Seperti dalam bentuk diskusi dan lokakarya.

Dalam even nuklir tahunan Atomexpo 2017 di Moskow pada 19-21 Juni lalu, perwakilan Indonesia menjadi tamu khusus. Di sana, Rosatom memamerkan keberhasilannya dalam mengembangkan nuklir yang disebut ramah lingkungan. Salah satu tujuan acara tersebut, memperluas jangkauan pasar nuklir di dunia.

Direktur Utama Rosatom Alexey Likhachev mengatakan, pertumbuhan ekonomi memacu meningkatnya kebutuhan energi yang cukup besar. Padahal saat ini dunia sedang menggalakkan pengurangan emisi karbon. ”Karena itulah kebutuhan nuklir sebagai sumber energy tidak bisa dihindarkan lagi,” katanya.

Menurut dia, teknologi nuklir bisa dimanfaatkan secara aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Sumber : Jawa Pos

Advertisements

2 thoughts on “Rusia Ekspansi Nuklir ke Indonesia”

  1. ini akan dibangun di pasir penajam seberang balikpapan, pihak perusahaan rusia lagi memeriksa tanahnya untuk menentukan konstruksi yang tepat. selain itu di pasir penajam akan dibangun pelabuhan industri dan maritim technopark sebelum dibangun PLTN.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s