TNI Lakukan “Penebalan” di Markas dan Wilayah Operasi

Aksi terorisme yang belakang ini mengincar aparat kepolisian sebagai target, tidak membuat TNI tinggal diam.

Bahkan jajaran TNI di Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) juga turut dalam deteksi dini aksi terorisme di wilayah Kaltim-Kaltara.

Danrem 091/ASN, Kolonel Inf Irham Waroihan menjelaskan, secara umum kondisi di Kaltim-Kaltara tergolong kondusif, kendati isu aksi terorisme santer terdengar.

Selain turut dalam membantu kepolisian memberantas terorisme, pihaknya juga melakukan penebalan di sejumlah markas TNI, serta di wilayah operasi, yakni di kawasan perbatasan.

“Secara umum kondusif, dan telah kami instruksikan untuk melakukan penebalan di markas-markas kita, termasuk di wilayah operasi, baik personel dan juga persenjataan,” tuturnya, Sabtu (8/7/2017).

Lanjut dia menjelaskan, guna tidak terjadi aksi terorisme di wilayah Kaltim-Kaltara, pihaknya meningkatkan kewaspadaan, melakukan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok yang diduga ada kaitannya dengan terorisme.

“Melalui intelijen, kita lakukan deteksi dini, termasuk dengan satuan di wilayah, melalui Babinsa. Kita tinggikan antena kita untuk menahan aksi terorisme ini,” ucapnya.

“Warga juga terus kita tingkatkan kesadarannya tentang bahaya teroris, jadi bukan hanya aksinya saja yang kita hindari, tapi ideologinya juga. Untuk itu, partisipasi warga sangat kita butuhkan, laporkan kalau ada hal-hal yang mencurigakan ke kepolisian maupun ke kami,” jelasnya.

Sementara itu, masih Danrem menjelaskan, hingga saat ini belum ada kelompok teroris dari Marawi, Filipina yang masuk ke wilayah Indonesia.

Bahkan setelah menempatkan sekitar 3.000 personel gabungan di wilayah perbatasan, pihaknya kembali menambah sekitar 250 personel, untuk mempertebal pengamanan.

“Di sejumlah pulau, seperti di Maratua, Derawan, dan Bunyu, kita tempatkan pasukan tempur, lengkap dengan persenjataan yang ada. Hingga saat ini belum ada yang masuk ke Indonesia melalui wilayah kami,” tegasnya.

Photo : Prajurit TNI AD (oriuploader)

Sumber : Tribunnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s