Bantuan Pesawat Cassa 212 TNI AU untuk Hujan Buatan

Tim Satgas Udara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau menerima bantuan pesawat jenis Cassa 212 milik TNI AU. Pesawat ini akan dipergunakan tim Satgas Udara untuk teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan.

Demikian disampaikan, Kepala Balai Besar TMC, Tri Handoko Seto kepada wartawan di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Rabu (5/7/2017). Tri menjelaskan, untuk TMC pihaknya menyediakan sekitar 20 ton NaCl atau garam halus untuk ditebar di langit Riau.

“Dalam sebulan ke depan kita akan berada di sini (Riau). Walau demikian tim kita siap melaksanakan operasi TMC dua atau tiga bulan ke depan. Semuanya tergantung kondisi cuaca di Riau,” kata Tri.

Tri menjelaskan, dengan 20 ton garam yang sudah ada, diprediksi bisa buat untuk TMC selama 10 hari. Kapasitas pesawat Cassa sendiri bisa mengangkut 800 kg garam untuk sekali terbang.

“Sebelum garam habis, lima hari sebelumnya nantinya akan kita tambah lagi dari Jakarta,” kata Tri.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger menambahkan, kehadiran tim TMC akan membantu dalam penanggulangan Karhutla.

“Dengan TMC ini tentunya akan menambah tim untuk mempermudah dalam pencegahan Karhutla,” kata Edwar.

Menurut Edwar, dari data BMKG Pekanbaru, potensi awan di Riau masih berpeluang besar dilakukan hujan buatan. “Untuk TMC ini tentunya kita akan tetap berkoordinasi dengan BMKG Pekanbaru,” katanya.

Edwar yang juga menjabat Wakil Komandan Satgas Karhutla menyebutkan, pihaknya selama ini tetap bekerja keras dalam penanggulangan kebakaran lahan. Tim Satgas Udara selalu patroli dan melakukan water bombing.

“Jadi tim Satgas Darat dan Udara selalu bersinergi. Kita memiliki 4 heli ditambah satu heli superpuma milik PT Sinas Mas,” kata Edwar.

Komandan Lanud Rsn, Marsma TBH Age Wiraksono menambahkan, pihaknya akan mendukung upaya Satgas dalam penanggulangan Karhutla termasuk penerapan TMC.

“Baik personel, alutsista serta sarana pendukung yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin ini siap mendukung Satgas Karhutla. Ini sudah menjadi komitmen kita, agar Riau bebas asap,” tutup Marsma Age.

Photo : Casa 212 TNI AU (Istimewa)

Sumber : Detik

Advertisements

One thought on “Bantuan Pesawat Cassa 212 TNI AU untuk Hujan Buatan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s