Penjaga Pantai Yunani Tembaki Kapal Barang Turki

Pemerintah Turki, Senin (3/7/2017) mengecam apa yang disebutnya “aksi keras” setelah pasukan penjaga pantai Yunani menembaki sebuah kapal barang Turki di dekat Pulau Rhodes.

Kapten kapal barang itu, Haluk Sami Kalkavan, kepada media massa Turki mengatakan, kapal pasukan penjaga pantai Yunani mendekati kapalnya yang melintas di perairan internasional.

Para penjaga pantai itu, lanjut Kalkavan, meminta agar dia membawa kapalnya merapat ke pelabuhan Rhodes dan langsung melepaskan tembakan saat Kalkavan menolak perintah itu.

Kalkavan melanjutkan, awak kapal yang dinakhodainya itu menghitung setidaknya 16 peluru bersarang di kapal tersebut meski tidak ada lubang-lubang peluru itu tidak akan membuat kapal barang itu tenggelam.

Sementara, pasukan penjaga pantai Yunani mengklaim mereka berusaha menghentikan kapal itu karena mendapatkan telepon dari seseorang yang tak disebutkan namanya terkait kapal Turki itu.

Orang dalam telepon itu melaporkan bahwa kapal barang Turki tersebut membawa narkotika dan tengah melintas di perairan Yunani.

“Tembakan peringatan dilepaskan, tetapi kapal itu terus melaju. Kami sudah melaporkan insiden tersebut ke aparat berwenang di Turki,” demikian pernyataan pasukan penjaga pantai Yunani.

Namun, Ankara mengecam peristiwa itu dan menuduh Yunani membahayakan nyawa para kru kapal tersebut.

“Tak ada penjelasan apapun yang bisa membenarkan penembakan terhadap sebuah kapal dagang tak bersenjata yang tengah berlayar di antara dua pelabuhan Turki,” kata Kemenlu Turki.

Kantor berita Turki, Anadolu mengabarkan, pasukan penjaga pantai Turki kemudian mengerahkan dua kapalnya dan AL mengirim kapal perang ke lokasi tempat insiden tersebut berlangsung.

Kapal barang itu kemudian mendapat pengawalan hingga masuk kembali ke perairan Turki dan para awaknya dimintai keterangan.

Meski Turki dan Yunani adalah sama-sama anggota NATO yang seharusnya bersekutu, kedua negara kerap berseteru soal perbatasan terutama di perairan.

Belum lama ini, pemerintah Turki juga dibuat berang oleh keputusan pengadilan Yunani yang menentang ekstradisi para pejabat militer Turki yang kabur ke Yunani usai kudeta gagal tahun lalu.

Photo : Kapal Coast Guard Yunani (Istimewa)

Sumber : Kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s