Angkatan Darat AS Uji Senjata Laser pada AH-64 Apache

Angkatan Darat AS dan Raytheon telah menyelesaikan uji terbang terhadap high-energy laser system pada helikopter serang AH-64 Apache yang diklaim sukses, merujuk pernyataan pihak Raytheon pada hari Senin (26/06).

Pengujian dilakukan baru-baru ini di White Sands Missile Range, New Mexico, “(Pengujian) ini menandai pertama kalinya bahwa sistem laser terintegrasi berhasil menembak target dari helikopter melalui berbagai macam flight regimes, ketinggian dan kecepatan terbang,” ungkap Raytheon.

Raytheon mengatakan bahwa pengujian High-Energy Laser (HEL) telah mencapai semua sasaran primer maupun sekunder, helikopter serang Apache memberikan high-resolution, multiband targeting sensor performance dan beam propagation.

Untuk pengujiannya, Raytheon menggabungkan varian Multi-Spectral Targeting System (sensor inframerah elektro optik canggih) dengan laser, menurut pernyataan tersebut. MTS menyediakan informasi penargetan, kesadaran situasional dan beam control.

Laser melacak dan mengarahkan energi pada “sejumlah” target, Raytheon menambahkan.

Pengujian tersebut, menurut perusahaan, juga akan memandu perancangan sistem HEL masa depan dari data yang dikumpulkan terkait getaran, debu, dan downwash rotor pada kontrol sinar laser dan kemudi.

“Data yang terkumpul ini menunjukkan bahwa kita berada pada jalur yang benar. Dengan menggabungkan sensor yang combat proven, seperti MTS, dengan beberapa teknologi laser, kita dapat membawa kemampuan ini ke medan perang lebih cepat,” kata Art Morrish, wakil presiden Advanced Concept and Technologies for Raytheon Space and Airborne Systems.

Kerjasama pengujian laser pada Apache telah berlangsung cukup lama. Komando Operasi Khusus AS mengumumkan setahun yang lalu bahwa mereka merencanakan pengujian senjata laser di Apache.

Pengembangan laser oleh Departemen Pertahanan AS telah digiatkan selama beberapa tahun terakhir untuk mencari solusi yang lebih murah dalam menghadapi ancaman daripada menggunakan rudal yang harganya jauh lebih mahal.

Menempatkan laser pada Apache yang bisa menghancurkan sasaran juga akan meningkatkan jumlah sasaran yang bisa dihancurkan oleh Apache dalam satu misi. Sedangkan jika menggunakan Hellfire, Apache hanya bisa membawa 16 rudal, sebagaimana dilansir dari Defense News (26/06).

Photo : Helikopter Serang Apache dengan Senjata Laser (Raytheon)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s