Presiden Suriah Kunjungi Pangkalan Udara Rusia di Hmeymim

Presiden Suriah Bashar al-Assad mencoba menjadi pilot jet tempur Su-35 Rusia saat mengunjungi pangkalan udara Khmeimim di Suriah. (Facebook Kepresidenan Suriah)
Presiden Suriah Bashar al-Assad mencoba menjadi pilot jet tempur Su-35 Rusia saat mengunjungi pangkalan udara Khmeimim di Suriah. (Facebook Kepresidenan Suriah)

Presiden Suriah Bashar al-Assad pada Selasa muncul di sebuah pangkalan udara Rusia di Hmeymim, Suriah barat.

Kunjungan itu merupakan yang pertama kalinya ia lakukan ke pangkalan, yang menjadi tempat jet-jet Rusia mengerahkan dukungan bagi pemerintahan Bashar dalam peperangan.

Foto-foto yang beredar memperlihatkan pemimpin Suriah tersebut berada di kokpit sebuah pesawat tempur Rusia Sukhoi SU-35, juga sedang memeriksa persenjataan, personel serta kendaraan-kendaraan antipeluru di sebuah pangkalan di dekat Latakia.

Bashar didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia Jenderal Valery Gerasimov, demikian menurut laporan kantor berita SANA.

Pangkalan tersebut telah menjadi tumpuan upaya militer Moskow dalam mendukung Bashar sejak 2015. Pada tahun itu, pasukan angkatan udara Rusia mulai membombadir para pemberontak yang mengancam kekuasaan pemimpin Suriah itu. Dalam perang, Bashar juga disokong oleh Iran.

Bashar dalam beberapa hari belakangan ini telah mengelilingi daerah-daerah di utara dan barat laut Damaskus.

Pada Minggu, ia menjalankan Shalat Id di kota Hama. Ia mengunjungi kota tersebut untuk yang pertama kalinya sejak konflik mulai terjadi.

Bashar juga mendatangi para tentara di daerah pedesaan Hama dengan didampingi oleh istrinya, Asma, dan anak-anak mereka, kata kantor berita negara dalam laporannya, Selasa, demikian Reuters melaporkan.

Sumber : Antara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s